Friday, February 1, 2013

0 Waktu Adalah Sahabat Terbaik


Terasa indah ketika waktu memilih untuk bersama kita, mengajari kita berbagai macam tentang kehidupan yang fana ini. kehidupan yang penuh dengan misteri tanpa pernah kita betul-betul mampu pecahkan. Tak seperti telur yang dengan gampang kita pecahkan. Waktu adalah teman sejati yang tak pernah mengeluh, terus berjalan walau semua orang ingin menghentikannya, ingin mengembalikan kebelakang agar bisa mengulang kembali waktu yang pernah kita lakukan. Waktu begitu hebat, disiplin dan tak pernah telat walau hanya sebentar. Banyak orang yang ingin berteman dengan waktu, banyak orang yang ingin menjadikan waktu sebagai sahabat terdekat dalam hidupnya.

Mungkin kita sadar bahwa waktu adalah sahabat yang paling dekat dengan kita namun terkadang kita tidak ingin mengenalnya lebih dekat, kita hanya tahu bahwa waktu adalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan atau kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian. Sehingga kita merasa bahwa katu sangat jauh bagi kita. Waktu seakan-akan mencekik leher sehingga rasa penyesalan selalu ada dalam setiap tindakan atau aktivitas yang kita lakukan.


Sebagai sahabat sejati, waktu bisa kita diatur sedemikian rupa seperti sahabat karib kita yang selalu ada buat kita. Waktu bisa menjadi pelayan yang baik, bahkan bisa menjadi raja yang bisa memberikan kita apapun yang kita inginkan (arti secara luas), namun jangan sangka bahwa waktu juga bisa menjadi raja yang jahat, menghancurkan kita sampai kita betul-betul lumpuh, tak bisa bergerak sama sekali. Sehingga banyak orang yang tidak mau menyianyiakan waktu. Kapan pun, dimana pun dan sampai kapan pun, karena waktu sangat berharga untuk di sia-sia kan.

Terus apa yang harus kita lakukan ketika waktu mencekik kita?

Mungkin ini sangat lucu, kok bisa waktu mencekik kita? Pertanyaan ini bodoh. Kalau kita artikan secara singkat, mungkin itu bodoh. Masak bisa waktu bisa mencekik manusia? Namun percayalah bahwa anda bisa dicekik oleh waktu, karena waktu bisa meninggalkan anda sejauh mungkin. Sehingga anda ditinggalkan tanpa ada makanan sedikit pun, jika kondisinya seperti itu, apakah anda bisa berbuat sesuatu yang bisa membuat anda bisa bertahan? Saya yakin bahwa anda akan mati sedangkan orang-orang yang bersahabat baik dengan waktu, mewah dengan makanan yang lezat dan bergizi. Sedangkan anda, dah mati miskin, generasi pun ikut miskin, tidak bisa makan apa-apa, sehingga dunia tertawa dan menangis karena anda sudah gagal.

Dalam kondisi inilah seharusnya kita terus mencoba untuk bangkit, menjadikan semuanya sebuah pengalaman yang berharga untuk di petik. Introspeksi diri dan rencanakan masa depan anda dengan lebih baik, kejar waktu itu agar anda berjalan dengan sejajar, sehingga waktu selalu tersenyum dengan anda. Waktu memberikan anda peluang untuk menjadi yang lebih baik dan memberikan kesempatan bagi anda untuk mengubah generasi anda menjadi yang terbaik.

Apakah waktu mau bersahabat dengan kita?

Ini merupakan pertanyaan yang aneh untuk kedua kalinya, sebuah pertanyaan yang mungkin membuat anda terbahak-bahak dan mengatakan bahwa saya adalah orang bodoh yang menanyakan akan hal ini. kalau dikaji secara sederhana, memang benar bahwa ini adalah pertanyaan yang lucu dan membuat kita tertawa, memangnya waktu memiliki kaki, tangan, mata dan alat-alat tubuh manusia yang lainnya, bahkan waktu tidak bisa terlihat bagaikan hantu gentayangan. Sehingga kita tidak mungkin bisa bersahabat dengan waktu.

Anda mungkin tidak tahu caranya bersahabat dengan waktu, begitu juga saya. Ketika saya menulis tentang ini semua, saya merasa heran dan bingung, bagaimana caranya bersahabat dengan waktu, namun saya percaya bahwa waktu adalah sahabat yang baik, waktu bisa menulis cerita saya untuk diceritakan suatu saat nanti. Bagi saya waktu adalah sahabat yang terbaik yang pernah aku kenal. Apalagi waktu memberikan saya contoh tentang kedisiplinan. Sehingga saya merasa bahwa waktu telah bersahabat dengan saya.

Apakah waktu bisa memberikan kita semangat?

Apa yang kita pikirkan akan mendefinisikan semangat kita. Itu mengapa sangat penting untuk selalu membuat diri termotivasi dan memanamkan dalam pikiran bahwa kita mampu memberikan hasil terbaik. Berbeda dengan pemahaman banyak orang selama ini yang menyebutkan bahwa semangat bisa habis dan harus diisi kembali dengan mengambil jeda, para ahli dari Stanford University berusaha membuktikan bahwa pendapat tersebut kurang tepat. Dari hasil penelitian mereka, diketahui kesanggupan seseorang untuk terus bekerja atau bersemangat sangat ditentukan oleh seberapa besar dan sebatas apa mereka mampu melakukannya.

Tapi jika Anda merasa tekad dan semangat adalah sesuatu yang tak mudah habis, Anda bisa terus dan terus,” kata Veronika Job, peneliti dari Stanford University. Dalam penelitiannya, Job dan timnya melakukan serangkaian eksperimen untuk menguji para mahasiswa tentang kegigihan mereka. Setelah mengerjakan tugas-tugas kuliah yang melelahkan, mahasiswa yang yakin bahwa semangat itu terbatas, memiliki hasil ujian konsenstrasi yang buruk dibanding dengan mereka yang yakin bahwa semangat adalah sesuatu yang bisa dikendalikan.

Namun keyakinan bahwa semangat adalah sesuatu yang tidak terbatas membuat mahasiswa lainnya lebih kuat dalam menghadapi tantangan tugas sulit,” kata para peneliti. Para peneliti mengatakan bahwa kuat tidaknya seseorang menghadapi godaan sangat ditentukan oleh kekuatan pikiran. Mereka mengatakan, hasil penelitian ini bisa menjadi landasan keyakinan bagi para pecandu untuk mengatasi masalahnya atau para pekerja yang sering kehilangan motivasi bekerja

Bagaimana caranya bersahabat dengan waktu?

Gusdur pernah berkata “Begitu aja kok repot”

Bersahabat dengan waktu sangat mudah ataupun sangat sulit ketika kita tak mampu mengendalikannya, namun jika kita berusaha untuk bisa bersahabat dengan waktu, pasti kita akan memahami bagaimana cara kita untuk menggunakannya waktu dengan baik. cara bersahabat dengan waktu yang paling sederhana adalah dengan memanfaatkan waktu dengan membuat desain hidup hidup yang pasti, mengatur kegiatan-kegiatan secara pasti agar waktu memudahkan kita untuk meraih apa yang kita lakukan, tentunya ini semua atas keridoanNya dalam memudahkan kita melangkah dengan pasti. Tinggal bagaimana kita menggunakan dan menjadikan waktu sebagai sahabat yang baik dalam hidup kita.


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate