Tuesday, January 29, 2013

0 Motivasi Hidup


Tujuan hidup setiap manusia memliki jalan yang berbeda-beda, tidak akan pernah sama namun tujuan yang ingin dicapai tidak akan pernah berbeda walau memiliki bentuk yang berbeda dari hasil tujuan hidup itu sendiri. Namun dalam sebuah instansi, organisasi, dan lain sebagainya memiliki dalam tujuan yang sama dalam bentuk memajukan dan membesarkannya, tidak mungkin sebuah instansi maupun yang lainnya, lembaganya akan hancur. Dengan keinginan itulah semua dibentuk dalam satu wadah sehingga memiliki tujuan yang sama namun secara hakiki kita sebagai manusia memiliki pemikiran yang berbeda dan tujuan yang berbeda pula.

Dalam mencapai tujuan yang baik demi masa depan yang cerah, tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Berbagai proses harus dijalani dan rencakan dengan matang, karena perencanaan lah yang akan menentukan keberhasilan seseorang. Bercerita tentang sebuah motivasi dalam hidup, sudah beribu-ribu motivasi yang pernah kita temukan, saat kita mendengar belum tentu masuk sebagai bahan pertimbangan kita karena tidak ada hikmah yang kita dapatkan. Namun ada yang bisa secara reflek mendapatkan ide brilian dari hal tersebut sehingga menjadi mudah baginya untuk mendapatkan kesuksesan. Terus apa yang harus kita lakukan?

Illustrasi tentang pentingnya tujuan hidup saya dengar pada sebuah presentasi bisnis multi level marketing (MLM). Narasumber saat itu adalah orang yang sudah sukses di bisnis MLM dan masih memegang posisi tinggi pada salah satu perusahaan terkenal. Pada awal presentasinya, dia bertanya kepada ratusan peserta yang hadir. "Apa sasaran hidup Anda?" Dia menunjukkan beberapa illustrasi dengan menjelaskannya begitu detail. Ia mengajukan beberapa pertanyaan, "Apakah Anda ingin punya rumah besar? Apakah Anda ingin punya mobil? Apakah Anda ingin berlibur ke Eropa? Apakah Anda ingin anak Anda kuliah di luar negeri?" Apakah Anda ingin punya waktu yang luang? Apakah Anda ingin punya uang yang cukup ketika Anda pensiun? Apakah Anda ingin punya uang cukup untuk biaya pengobatan Anda?" Hampir semua peserta yang hadir mengangguk. Narasumber kemudian mengajukan satu pertanyaan lagi, "Apakah ada yang tidak ingin hal-hal yang baru saya sampaikan?" Tidak ada yang tunjuk tangan.

Tentu sasaran hidup yang dimaksudkan narasumber tadi bukanlah sasaran hidup yang paling penting. Ada yang menganggapnya sebagai hal yang paling rendah dari daftar tujuan hidup. Namun, adanya tujuan hidup membuat Anda dan saya punya semangat; ada vitalitas. Kita mempunyai motivasi dan energi untuk menjalani hidup kita sehari-hari. Ada 'driving force' yang membuat kita melakukan sesuatu. Semakin tinggi sasaran hidup semakin besar motivasi kita. Sebaliknya, semakin rendah sasaran hidup semakin kecil motivasi kita. Tanpa sasaran hidup, motivasi kita luntur; kita kehilangan gairah hidup. Tidak ada sukacita menyertai aktifitas kita setiap hari. Irama jalan kita juga akan dipengaruhi oleh sasaran hidup kita. Tapi, bagi mereka yang mempunyai tujuan hidup, ada semangat, ada energi yang besar dan tentu ada pengharapan.


Tidak salah kalau pada saat ini Anda dan saya kembali merenungkan apa sasaran hidup kita masing-masing? Bila Anda belum menikah, mungkin perlu dipikirkan ulang apa makna hidup lajang? Adakah manfaatnya? Apakah hidup sendiri sampai tua merupakan pilihan terbaik? Bila berkeluarga, apa tujuan berkeluarga? Apakah berkeluarga hanya merupakan wadah untuk memuaskan hasrat tubuh? Ataukah keluarga hanya merupakan sarana untuk meneruskan keturunan?. Dalam hal pekerjaan, apa yang mau diraih dari pekerjaan? Apakah pekerjaan sekedar hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup saja? Apakah tujuan bekerja hanya untuk mendapatkan posisi tinggi di sebuah perusahaan? Adakah tujuan yang lebih baik dan lebih mulia dari itu? Apakah Anda dan saya harus terus mengerjakan pekerjaan saat ini tanpa pernah mempertimbangkan opsi lain, yang mungkin lebih cocok dengan natur Anda dan saya? Segudang pertanyaan bisa dibuat.

Yang penting sekarang adalah memikirkan ulang apa sasaran hidup kita? untuk apa Anda dan saya hidup di dunia yang sementara ini? Apakah hanya memuaskan hasrat pribadi? Atau adakah tujuan-tujuan lain yang lebih berguna bagi sesama? Sangat penting menjawab pertanyaan mendasar ini, "Apa sasaran hidup Anda dan saya?" Semoga Anda memilikinya. Bila belum, cobalah memikirkan kembali dan merumuskan sasaran hidup Anda. Bila tidak punya ide, silahkan membaca sasaran hidup saya pribadi. Kemudian, Anda rumuskan untuk Anda.

Itulah presentasi yang pernah aku dengar pertama kali waktu aku datang ke mataram, aku di ajak oleh sahabat ku untuk mengikuti seminar MLM di Hotel Lombok Raya, dan pertama kali aku menginjak hotel lombok raya bersama sahabat ku (Hazim). Dan merupakan motivasi pertama ketika pertama kali menginjak mataram.


“Terkadang kita tidak butuh untuk mengetahui orang-orang yang hebat dan sukses, namun kita butuh bagaimana cara atau proses yang dilakukan orang-orang sukses dalam meraih kesuksesannya itu”


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate