Saturday, February 2, 2013

0 Tantangan dan Solusi berada di Rantauan


Merantau ke negeri orang atau pulau orang atau ke desa orang bukanlah hal mudah untuk dijalani, apalagi bagi orang-orang yang pertama kali jauh dari rumahnya, rasa rindu dan ingin pulang menjadi bayangan setiap hari, kasih sayang orang tua tak lagi dirasakan, kehidupan yang begitu nyaman tidak lagi kita temukan walau kita merasa seneng. Bayang-bayang seyuman keluarga menjadi daya tarik yang kuat untuk membawa kita pulang. Kehidupan baru terasa membosankan dan menakutkan. hal ini tidak semua orang mengalaminya, Namun sebagian besar, aku percaya bahwa inilah yang dirasakan karena semua ini juga menghantui ku. nah, agar kita tidak merasa bosen dan selalu kuat dan tidak kangen dengan semua kondisi rumah, ada beberapa tips untuk kita lakukan bersama, yakni;

A.    Beraktivitas

Beraktivitas memang sesuatu yang wajib kita lakukan, namun apakah aktivitas itu membuat kita bisa bertahan atau malah semakin membosankan. Itu yang perlu kita harus ketahui. Cobalah anda membuat sebuah aktivitas yang asik dan menarik bagi anda, suatu aktivitas yang akan membuat anda terlahir kembali sebagai sosok yang baru didunia baru, karena hal tersebut akan membuat anda semakin semangat dalam menjalani hari-hari anda. Pergi ketempat yang menarik dan menjelajahi dunia baru akan menghilangkan pikiran anda tentang bagaimana rasa rindu anda terhadap suasana rumah. Namun anda juga harus ingat bahwa rumah adalah kehidupan anda yang sejati.

Dengan beraktivitas akan mengurangi keinginan dan rasa rindu terhadap orang tua, makanan khas rumah dan yang lainnya. So…, beraktivitaslah dengan semangat walau itu tidak berguna bagi orang lain namun bagi anda itu adalah sesuatu yang baru dan menarik.

B.      Ambil Hikmah

Bersabar dan terus tersenyum, ambil hikmah setiap kejadian yang anda alami akan membuat anda semakin kuat dan dewasa, berpikri positif untuk menggapai masa depan yang cerah akan memudahkan anda dalam menghadapi tantangan-tantangan rasa rindu akan rumah. Cobalah ambil hikmah dan poin penting yang muncul akan perpisahan anda dengan kondisi rumah, sehingga anda merasa bahwa bukan hanya anda saja yang rindu akan tetapi semua keluarga dan sahabat-sahabat anda juga merasa kehilangan akan diri anda. Namun demi perjuangan anda, orang tua betul-betul merelakan kepergian anda agar anda menjadi anak yang sukses dan bisa membanggakan orang tua anda.

So…, janganlah anda merasa bahwa hanya anda yang merasa kehilangan.

C.    Bayak Inisiatif

Jangan pernah biarkan diri anda dalam kebekuan, jangan pernah anda berdiam diri dikamar kos karena hal tersebut akan membuat anda merasa bosan dan jenuh, sehingga anda ingin pulang, pulang dan pulang. Perbanyaklah inisiatif-inisiatif walau itu sangat sederhana, karena dengan demikian akan membuat anda menemukan hal-hal yang baru dan anda tidak bosen serta anda akan terbebas dari tahap kejenuhan tingkat tinggi. Gunakanlah apa yang anda miliki, jangan biarkan sia-sia, misalnya; Laptop, HP, dan yang lainnya.

Jika anda tidak memiliki inisiatif maka anda hidup dengan monoton, kegiatan anda hanya itu-itu saja, tidak pernah berubah dari hari ke hari. Ingatlah bahwa “terkadang kita ingin beraktivitas penuh agar kita tidak merasa bosen, maka jangan pernah kita menolak keinginan tersebut”.

D.    Cari Temen Baru

Temen baru akan membuat kita merasa berbeda, bercerita dan bercanda bersama orang yang tidak anda sangka-sangka untuk bersama anda, akan membuat anda merasa terbebas dari masalah bosen dan jenuh. Apalagi jika anda menemukan sosok yang anda idam-idamkan selama ini, ini akan menjadi api yang membakar anda untuk terus semangat menempuh hidup baru anda. Jika anda tidak memiliki temen, maka anda harus mencarinya, begitu banyak social network yang akan memudahkan anda untuk menemukan temen baru, jika anda tidak bisa menggunakan hal tersebut, anda bisa pergi kekampus atau tempat ramai, dimana orang-orang berkumpul untuk menghilangkan kejenuhan.

E.      Menjaga Komitmen

Tidak mungkin orang yang meninggalkan rumah tidak memiliki tujuan dan komitmen, walaupun itu adalah untuk berbuat yang tidak positif. Oleh karena itu jaga komitmen ada dengan sebaik-baiknya agar anda tidak ingin kembali kerumah sebelum menggapai impian anda. Komitmen itulah yang paling terpenting yang harus kita jaga. Semua cara-cara diatas boleh anda tidak lakukan atau kerjakan namun komitmen jangan pernah anda melupakannya. Semangat dan do’a yang kuat dari orang tua maupun keluarga anda, akan membuat komitmen anda untuk menggapai impian akan semakin kuat.

So…, jangan pernah lupa akan komitmen yang anda bangun sendiri.



Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate