Thursday, February 7, 2013

0 Tugu Yogyakarta

Apakah anda tahu tentang Tugu Yogyakarta, salah satu tugu banyak dikunjungi orang-orang untuk menikmati malamnya bersama sang kekasih maupun teman-temannya, bahkan keluarganya, tidak lain hanya untuk mengambil gambar dengan begraoun tugu Yogyakarta. Namun waktu yang tepat untuk mengunjungi tugu ini adalah malam hari, kalau pagi tugu ini terlihat seperti biasa, tidak memiliki daya tarik namun jika malam maka anda tidak akan berpikir panjang lagi untuk megambil photo atau duduk sambil menghisap rokok kesukaan anda. Keindahan yang sungguh menarik untuk dijadikan sebagai beground potho anda.

Tugu Yogyakarta adalah sebuah Tugu atau menara yang sering dipakai sebagai symbol atau lambang dari kota Yogyakarta. Tugu ini dibangun oleh Hamengkubuwan 1, pendiri kraton Yogyakarta. Tugu yang terletak di perempatan Jl Jenderal Sudirman dan Jl. Pangeran Mangkubumi ini, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung merapi. Pada saat melakukan meditasi, konon Sultan Yogyakarta pada waktu itu menggunakan Tugu ini sebagai patokan arah menghadap puncak gunung Merapi.


Tugu ini sekarang merupakan salah satu objek pariwisata Yogya, dan sering dikenal dengan istilah “Tugu Pal Putih” (pal juga berarti tugu), karena warna cat yang digunakan sejak dulu adalah warna putih. Tugu pal ini berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya. Dari kraton Yogyakarta kalau kita melihat ke arah utara, maka kita akan menemukan bahwa Jalan Malioboro, Jl Mangkubumi, tugu ini, dan Jalan Monument Yogya Kembali akan membentuk satu garis lurus persis dengan arah ke puncak gunung merapi.


Apakah anda penasaran? Saya rasa anda penasaran, namun Rantauan Lombok Menulis telah memberikan gambar Tugu Yogyakarta sebagai obat dari penasaran anda. Terima kasih.

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate