Wednesday, February 6, 2013

0 Kreativitas Diri


Latar belakang terbentuknya kreativitas adalah keinginan yang tinggi seseorang terhadap sesuatu yang harus diperbaharui, baik dari segi ide-ide baru maupun aktivitas baru yang memunculkan sebuah gagasan yang baru. Hal tersebut akan memicu daya tarik seseorang untuk menjadikan hari-hari baru menjadi hari kelahiran baru baginya, sehingga setiap saat akan muncul ide atau gagas baru yang bersifat produktif. Seperti apa yang makna dari kreativitas itu sendiri, kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta, daya cipta, perihal berkreasi atau sebuah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Keraguan akan diri sendiri akan menimbul efek buruk terhadap daya kemampuan seseorang, kemampuan berpikir menjadi lemah dan tidak bisa menciptakan ide-ide baru dalam meraih masa depan yang lebih baik. biasanya orang-orang seperti ini mudah prustasi ketika melihat orang lain begitu mudah mendapatkan apa yang diinginkan, cemburu, iri dan lainnya muncul secara tingkat tinggi namun tidak memiliki kemampuan atau kepalanya beku seperti es. Tidak pernah mengajarkan diri untuk berpikir kreatif menjadi salah satu penyebab, penyebab ini akan mengakibatkan diri seseorang akan hilang kepercayaan dirinya dalam berbuat sehingga hanya itu-itu saja yang bisa dilakukan.

Terkadang umur bukanlah jaminan untuk menentukan seseorang itu sudah dianggap bisa berfikir dewasa atau memiliki kemampuan yang tinggi dalam berkreativitas, biasanya kematangan cara berfikir seseorang akan di pengaruhi sedikit banyaknya dari pengalaman hidup yang sudah mereka lalui, terkadang kita melihat ada orang yang cukup berumur tapi cara berfikirnya masih kekanak-kanakan dan bingung dalam mengambil keputusan, dilain sisi terkadang ada orang yang menurut kita masih sangat muda malah dia dapat berfikir dengan cara pandangnya orang yang sudah matang dan berumur. Sehingga sulit sekali bagi seseorang tumbuh dalam hal tersebut, antara orang tua yang sudah berumur tapi masih kanak-kanakan dan anak yang belum cukup umur namun berpikir secara dewasa. Kenapa? Karena anda akan terpengaruh pada dua sisi yang berbeda, mungkin ia bagi anda yang sudah mampu mengendalikan pikiran anda namun bagi orang yang belum bisa maka akan terombang ambing. Bergaul sama orang tua masih kekanak-kanakan anak membuat anda ikut arus, namun bergaul dengan anak-anak yang sudah beripikir dewasa maka masa remaja anda akan terus seperti anak-anak.

Kreativitas adalah bagaimana anda bisa memunculkan ide-ide baru yang akan membuat anda lebih gaul, terkenal, lebih kocak, lebih pinter, lebih bisa memiliki inisiatif diri dalam bertindak dan sebagainya sesuai dengan penafsiran yang anda inginka. Mengajarkan otak untuk terus berpikir walau dengan pelan akan menjadi awal bagianda untuk bisa berpikir kreatif. Dan jangan lupa cobalah hal-hal baru dalam hari-hari anda walau itu anda tidak suka melakukannya.






Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate