Monday, February 4, 2013

0 PERCAYA DIRI


Percaya diri adalah aspek yang terpenting didalam diri anda yang harus kita tanamkan sejak dini. Percaya bahwa didalam diri anda terdapat sebuah kemampuan atau skill yang masih tertanam dan anda masih belum mengetahuinya, sehingga anda harus percaya akan kemampuan tersebut. Percaya diri akan memberikan anda kekuatan tersendiri yang orang lain tidak mengetahuinya. orang yang tidak percaya diri, biasanya selalu berpikiran negative, tidak percaya kemampuannya sendiri serta takut dalam mencoba. Bahkan tidak bisa melakukan apa-apa karena tidak percaya diri. Biasanya orang-orang yang tidak percaya diri terkadang tidak memiliki tujuan atau target yang diinginkan, dimana target tersebut adalah sesuatu yang harus diperjuangkan.

Selain itu, akibat dari ketidakpercayaan diri adalah hidup dengan ketidakpastian (bimbang), sehingga mereka tidak tahu mau melangkah dari mana dan tidak memiliki rencana (planing) yang pasti dalam hidupnya. Mereka hanya bisa terkesima melihat kebehasilan orang, namun selalu merendahkan dirinya sendiri, sehingga frustasi akan hidup yang dijalaninya. Sedangkan orang-orang yang memiliki percaya diri didalam dirinya sungguh jauh berbeda, semangat, selalu memiliki tujuan yang pasti, rencana yang matang, berpikir positif dan selalu bangun ketika jatuh.

Sudah bayak sekali cara-cara dalam meningkatkan percaya diri, penjelasan tentang percaya diri, kemampuan didalam diri dan yang lainnya. Tinggal mencari di OM GOOGLE dengan key word “percaya diri” kemudian anda akan disuguhkan berbagai macam wacana tentang percaya diri. Namun ini hanya sebatas mengulang kembali agar saya sendiri memiliki kepercayaan diri yang kuat begitu juga anda.

Bagaimana sih cara menanam percaya diri?

Menanam percaya diri tidak semudah membalikkan telapak tangan atau semudah kata-kata yang saya tulis ini, hanya saja bergantung pada diri anda sendiri. Yang pertama Anda harus lakukan adalah anda harus percaya akan kemampuan anda, jangan sampai anda mengabaikan kemampuan anda sedangkan kemampuan orang anda sanjungi. Hal tersebut adalah kesalahan terbesar didalam diri anda. Yang kedua, anda harus berpikir positif bahwa anda bisa. Yang ketiga, anda harus mengambil contoh dari kesuksesan dan kegagalan orang lain dan jadikan sebagai pelajaran berharga bagi anda.

Apakah anda bisa percaya diri?

Percaya diri sudah ada sejak anda lahir, ketika anda masih bayi, begitu pedenya anda menangis agar ibu anda dengan sigap menggendong dan memberikan apa yang anda inginkan walau anda belum mengerti apa yang anda lakukan. So…, percaya diri bukan lahir sejak anda sudah dewasa namun sejak anda dilahirkan anda sudah memiliki percaya diri.

Terus, kenapa saya kurang percaya diri?

Sebenarnya, tidak percaya diri datang dari sisi lain kehidupan anda, dunia anda tinggalkan dan dunia orang lain anda  masuki sehingga percaya diri anda down secara drastic tanpa anda sadari. Namun anda orang yang percaya dirinya timbul dari orang lain. So…, intinya hanya pada diri anda sendiri, apakah anda harus ditertawakan oleh orang lain atau anda yang menertawkan orang lain.

Setelah saya percaya diri, apa yang harus saya lakukan?

Kalau anda sudah percaya diri, masak anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, itu namanya anda masih belum percaya diri. No problem, yang penting anda sudah percaya diri karena itu adalah kuncinya dalam melakukan sesuatu yang ingin anda lakukan. Setelah anda memiliki percaya diri, anda harus dengan segera menyiapkan rencana, planning akan membuat aktivitas atau rencana anda akan lebih baik, sehingga kegagalan akan menghindari anda. Setelah planning sudah terencana, jangan sampai itu hanya sebuah rencana saja, akan tetapi aplikasi lebih penting untuk mensukseskan rencana yang anda buat. Control diri, adalah langkah selanjutnya, cobalah anda mengontrol diri anda sendiri ketika apa yang anda lakukan itu tidak berhasil. Karena perjuangan tidak akan berhasil tanpa pengorbanan.

So…, apakah anda masih belum mengetahui apa yang harus anda lakukan. Itu sih namanya “keterlaluan”.

Kok gagal terus apa yang saya lakukan, apa saya kurang percaya diri?

Gagal adalah sesuatu kewajaran dalam hidup kita, kegagalan adalah sumber pelajaran yang paling berharga, akan tetapi sejauh mana anda memahami kegagalan tersebut. Apakah anda langsung berkata “aku tak akan pernah melakukannya lagi” atau “aku tidak akan pernah menyerah”. Cobalah intropeksi diri sebelum memutuskan hal-hal yang tidak anda ingin sesali.


By; H4n5


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate