Thursday, January 10, 2013

0 MISTERI CINTA






Apa sih cinta, kenapa hadir dalam diri manusia, kenapa hadir sebagai pembawa kebahagiaan, kenapa hadir sebagai pebawa kesengsaraan, kenapa, kenapa dan kenapa?. Itulah terkadang yang ada dibenak kita. Ketika bahagia cinta di puji, ketika menyakitkan cinta di caci malah gak mau mengenal cinta. Apa sih bedanya cinta dengan manusia, kenapa cinta yang harus disalahkan, kenapa tidak orang yang memberikan cinta yang harus disalahkan. Atau kenapa orang yang memberikan cinta yang dibenarkan dan cinta yang disalahkan. Bingung dan bingung.

Masalah adalah musuh dari cinta. Ataukah temennya cinta. Mungkin kita tidak tau? Namun mari kita berpikir sejenak untuk merenungi, jalan mana yang terbaik untuk mengenal cinta. Kata orang cinta adalah kasih sayang, kata orang lagi, cinta adalah anugrah dan kata orang lagi, cinta adalah sesuatu yang indah dan tidak boleh dimainkan. Saya rasa semuanya benar, tergantung bagaimana kita mengartikan cinta sesuai dengan pengalaman masing-masing. Namun yang jelas bahwa, sebenarnya menurut saya bahwa cinta tak boleh diartikan sesuai dengan pengalaman kita masing-masing karena cinta bukan datang dari pengalaman melainkan sudah ada sejak kita belum lahir yang dititipkan kepada manusia oleh Allah SWT. Bicara tentang cinta adalah bicara tentang salah satu nikmat kehidupan, yaitu nikmatnya mencintai dan dicintai. Islam sebagai agama yang paling sempurna telah mengatur segalanya tentang percintaan, seperti tercantum dalam beberapa hadist tentang cinta.

Kita tahu bahwa tuntunan hidup kita di dunia ini ada tiga, yaitu Al-Qur’an, hadist, dan ijtihad. Selain di dalam Al-Qur’an, peraturan dan adab cinta dalam Islam telah diajarkan oleh Rasulullah. Berikut adalah beberapa dari sekian banyak hadit tentang cinta yang diberikan Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bersabda: Cintailah kekasihmu sewajarnya karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi orang yang kamu benci. Bencilah sewajarnya karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi kekasihmu. (HR. Al-Tarmidzi)

Sesungguhnya orang-orang yang saling mencintai, kamar-kamarnya di surga nanti terlihat seperti bintang yang muncul dari timur dan bintang barat yang berpijar. Lalu ada yang bertanya, “Siapa mereka itu?”. Mereka adalah orang-orang yang mencintai karena Allah SWT. (HR. Ahmad)

Perumpamaan orang-orang beriman dalam rasa saling mencintai, saling mengasihi, saling berkasih sayang adalah seperti satu tubuh yang ketika satu anggota tubuh itu ada yang mengeluh, maka seluruh tubuh merasa mengadu dengan terus terjaga tidak bisa tidur dan merasa panas. (HR. Muslim)

Kalau kita menghayati hadist tentang cinta diatas, apakah kita akan betul-betul mengerti akan cinta?. Ataukah kita memang tidak pernah mengerti secara mendasar tentang cinta?. Ataukah kita hanya mengatas-nama-kan cinta sebagai pilar kita untuk mendapatkan wanita maupun laki-laki atau yang lainnya?. Mudah-mudahan kita tidak seperti itu. Karena cinta sangat berharga untuk kita nilai sebagai suatu hubungan antara dua insan yang saling menyukai.

Tidak ada salahnya jika saya mengajak sahabat-sahabati untuk lebih indah lagi dalam mengartikan cinta dan mengaplikasikannya. Jangan sampai kita nodai terus-terusan sehingga kita betul-betul buta dalam mengenal cinta. Berpikir jernihlah dalam mengatas-nama-kan cinta yang kita miliki.

Semoga tulisan ini bermamfaat bagi saya maupun yang membacanya. Terima kasih atas waktunya untuk membaca tulisan ini.



Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate