Thursday, January 10, 2013

0 MASA REMAJA


Semua orang mengerti tentang masa remaja, banyak buku dan cerita yang berkaitan dengan masa remaja, apalagi diperpustakaan. Seolah-olah masa remaja adalah virus yang sedang berkembang dan sangat berhaya. Sehingga banyak penulis yang menulis tentang masa remaja. Baik masa remaja dengan perpaduan zaman yang semakin aneh. Orang tua lebih ketat dalam menjaga anaknya. Kehidupan diatur agar tidak menjadi nakal dan memliki pengalaman yang buruk terhadap masa remaja anaknya. Pada hal cukup sederhana dan tidak perlu dibesar-besarkan dalam permasalahan masa remaja. Disaat masa remaja, terdapat tantangan baru dan sedang menghadapi medan baru yang akan membuat masa remaja menjadi lebih bermakna.

Namun terkadang orang tua terlalu sulit menerima akan hal tersebut. Pergaulan bebas menjadi salah satu alsan utama untuk memberikan perhatian yang lebih. Kesadaran tersebut memang wajar dan harus dilakukan agar masa remaja anaknya lebih baik dan bermamfaat namun perlu disadari bahwa kekangan tersebut akan membuat masa remaja anak tidak bebas dalam menentukan gaya hidupnya. Kesalahan dalam gaya hidup dapat menampakkan diri mereka sesuatu yang selama ini belum teramati. Bagaimana pun juga mereka, anda dan mata yang terlatin selalu melihatnya. Sekarang mereka mengembangkan arti penting dan tidak bisa diabaikan.

Hampir semua anak, dimasa remajanya berarti semuanya diatas segalanya. Mereka harus membuktikan bahwa mereka bukan anak kecil lagi namun bagi orang tua, anak adalah segalanya sehingga memberikan pehaman bahwa menghadapi atau menerima masa remajanya dengan apa adanya. Namun jika mereka merasa bahwa mereka harus melakukannya maka apapun bisa dilakukan untuk mendapatkan kebebsan dalam menghadapi masa remajanya. Sehingga terkadang banyak dibawah umur sudah bisa merokok dengan professional malah tanpa rokok tidak memiliki gairah untuk hidup. Bayak anak yang memiliki pergaulan bebas tanpa berpikir bahwa apa yang mereka lakukan adalah hal yang dilawan oleh hati kecil mereka. Dan banyak juga yang ingin disamakan dengan orang dewasa, jika sudah ingin menjadi orang dewasa maka artinya bahwa mereka sudah ingin betul-betul bebas dari pengendalian terhadap dirinya, mereka akan berjuang untuk pembatas atau sekat-sekat yang akan menghalanginya untuk berdiri sendiri.

Sebagian dari mereka mengungkapkan suatu posisi yang tak terduga dan berlawanan dengan orang tua mereka. Orang tua mereka dibingungkan untuk mengetahui bagaimana anak yang taat seperti itu begitu tiba-tiba tumbuh menjadi tidak taat. Namun kondisi ini hanya berlaku pada saat anak merasa bebas dan mempunyai kekuatan untuk mengumumkan permusuhannya. Anak yang sering dikekang dan dimarah sama ayahnya dan selalu Nampak tenang dan tunduk maka ia hanya menunggu kesempatan untuk balas dendam. Dengan cepat ia akan merasa memiliki kekuatan untuk melakukan segala cara agar ayahnya tidak memarahinya lagi untuk selamanya. Serta cukup untuk menantang ayahnya untuk berkelahi dan memukul serta meninggalkan rumah tanpa jejak.

Pada dewasa ini, sebagian besar anak diberikan kebesan untuk menikmati masa remajanya, orang tua merasa tidak berhak lagi untuk mengekang dan mengendalikannya. Karena mereka berpikir bahwa bukan saatnya lagi untuk memberikannya kasih sayang dan perhatian yang lebih. Banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga anak dititipkan sama pembantunya dari kecil sampai dewasa sehingga anak tersebut betul-betul tidak mendapatkan kasih sayang dari seorang ibu. sehingga pertumbuhannya menjadi anak yang bandel dan tidak mau tahu tentang segala sesuatu yang buruk yang akan terjadi pada dirinya. Masa remajanya dihabisi dengan kehidupan yang hura-hura, toh juga mereka berpikir bahwa tidak pernah dididik sama orang tuanya. Orang tua hanya sebatas memberikannya uang untuk belanja maupun keperluan hidupnya. Padahal sebenarnya anak yang tidak pernah mendapatkan kasih sayang dari orang tua dan hidupnya tidak butuk pengekangan, bebas tanpa aturan. Ia hanya membutuhkan kasih sayang, oerhatian yang lebih dan mendidiknya menjadi anak yang patut dibanggakan. anak hanya membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang lebih sehingga kelak ketika dewasa tidak menjadi anak yang kerjaannya hanya keluyuran dan hidup denngan hura-hura. Semua bahaya pada masa remaja datang dari ketidak adanya pelatihan yang cukup dari orang tua.

Lebih jauh dari itu, sebagaian besar anak pada usia masa remaja membuat beberapa macam usaha untuk berkelakuan seperti orang deawa, jika mereka benar-benar tidak berani, mereka menawarkan sejenis karikatur tentang orang dewasa. Mereka meniru isyarat orang dewasa, mulai menggoda dan mempunyai hubungan asmara. Dan sering keluar malam bersama pacarnya. Sehingga tidak ada lagi yang mampu untuk menghalanginya. Beribu alasan pasti akan dibuat hanya untuk menghilangkan jejak.

“air tidak akan pernah jatuh keatas” dan “buah tidak akan terlalu jauh jatuh dari pohonya”. Kedewasaan anak dalam berpikir tergantung penanamnya, jika penanamnya tidak baik dalam merawatnya maka akan buruk hasilnya, namun jika penanamnya begitu penuh memberikan kasih sayang dan perhatian serta merawat dengan baik maka akan baik hasilnya.

So…how about yo..??? if you have opinion, please tell my in here.

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate