Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memiliki tantangan
lebih besar dalam menjalankan karier atau bisnisnya. Maka wajar saja, perempuan
kerap kali membutuhkan dukungan semangat dari sesamanya. Tak heran jika
perempuan cenderung lebih banyak berbagi satu sama lain demi menyuntikkan
semangat untuk menghadapi berbagai tantangan dalam pekerjaannya.
Anda mau tahu kebiasaan apa saja yang dapat membantu wanita
meraih kesuksesan? Simak tips berikut ini:
1. Selalu percaya diri, tetapi
tetap rendah hati
Perempuan memiliki kepercayaan diri yang tak kalah dengan
laki-laki. Namun, kecenderungannya laki-laki sering kali terlalu percaya diri.
Sedangkan perempuan cenderung
menyeimbangkan kepercayaan dirinya dengan kerendahan hati.
Kimberly Roussel, entrepreneur sukses di Los Angeles, pemilik
restoran 24 jam, klub di Hollywood, dan perusahaan katering berbagi kiatnya.
Roussel meyakini, kepercayaan diri yang ditanamkan orangtuanya sejak kecil
membuatnya lebih berani mengambil risiko dan mampu mengatasi rasa takut. Begitu
rasa takut dan kekhawatiran mengenai berbagai hal teratasi, atau bahkan hilang,
dunia lebih terbuka dengan Anda melalui berbagai cara yang tak pernah disangka,
katanya.
2. Memonitor emosi
Emosi bisa menjadi sumber masalah di tempat kerja. Apalagi jika
Anda tak mampu mengendalikan dan memonitor emosi. Boleh juga belajar dari pria
mengenai sikapnya yang cenderung tak menanggapi suatu masalah secara personal.
Karena dengan cara itu, Anda takkan terlibat dalam masalah emosi di tempat
kerja.
Johnson Mandell, penulis buku best seller "Career Comeback" menyarankan jika emosi mulai menguasai
diri di tempat kerja sebaiknya beri waktu untuk diri sendiri. "Pergi
saja ke toilet, tenangkan diri sendiri," jelas Mandell. Namun, jika hal ini terlalu sering dilakukan,
artinya Anda selalu mengalami masalah emosi di kantor. Kalau sudah seperti itu,
ada baiknya evaluasi kembali situasi kerja di kantor Anda. Boleh jadi bukan
suasana hati Anda yang bermasalah, melainkan memang situasi kantor yang tak
kondusif.
3. Terstruktur dan
terorganisasi
Untuk mencapai target pekerjaan yang diharapkan, bahkan oleh
diri Anda sendiri, Anda harus mengatur strategi. Lakukan semua pekerjaan dengan
terstruktur dan terorganisasi dengan baik. Buat daftar pekerjaan yang harus
Anda selesaikan setiap harinya, dan fokus untuk menuntaskannya dengan baik.
Samira Asemanfar, pendiri salon di Los Angeles, mengatakan,
bekerja memerlukan persiapan. Dan, persiapan tersebut sudah dilakukan Asemanfar
setiap sore.
"Saya selalu mengevaluasi diri setiap sore, apa yang
sudah saya lakukan hari ini. Apa yang harus saya selesaikan besok, dan apa saja
urutan pekerjaannya," tuturnya.
4. Meningkatkan kemampuan
berkomunikasi
Perempuan secara alami memiliki kemampuan komunikasi. Bahkan,
sosok perempuan introvert sekalipun mampu berkomunikasi. Meski begitu,
kemampuan komunikasi pada perempuan tetap perlu ditingkatkan.
Kunci suksesnya bukan pada kemampuan berbicara, melainkan lebih
kepada kehati-hatian dalam berbicara atau berkomunikasi. Agar sukses dalam
pekerjaan, perhatikan hal detail, termasuk dalam berkomunikasi. Hindari salah
bicara, atau salah menuliskan hal kecil yang berdampak terhadap pencitraan Anda.
Maseena Ziegler, penulis buku best seller di Hongkong
berjudul "Ladies Who
Launch in Hong Kong" mengatakan,
tanamkan dalam diri bahwa Anda adalah perempuan cerdas, memiliki tutur bahasa
yang baik, dan berkualitas. Sikap positif ini akan membantu Anda untuk
menghindari berbagai kesalahan kecil dalam komunikasi, yang bisa merusak citra
Anda. Karena jika terlalu sering berbuat kesalahan dalam ucapan atau saat
berbicara, menunjukkan karakter yang tak teliti dan tidak mempedulikan sesuatu
secara mendetail.
Sumber; http://ayahsafa.blogspot.com
Post a Comment
komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau