Saturday, January 25, 2014

0 How to Be Happy






Bahagia adalah salah satu kunci dari sebuah perjalan hidup, karena tanpa merasa bahagia, hidup seolah-olah tak punya makna dan membosankan. Banyak orang di dunia ini berburu hanya untuk mendapatkan kebahagiaan sejati, mulai dari; kebahagian untuk kecantikannya, untuk ketampanannya, kebahagiaan untuk keluarga, kebahagiaan untuk sahabat, bahkan kebahagiaan untuk akhirat. Hal tersebut bukanlah tabu untuk saat ini, apalagi banyak artikel tentang bagaimana untuk mendapatkan kebahagiaan, banyak dokter ahli kebahagiaan yang bisa memberikan solusi, banyak tempat yang akan memberikan kenyaman dan kesejukan, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, saya akan mencoba memberikan tips kepada anda, bagaimana mendapatkan kebahagiaan, tentu saja, tips yang saya berikan ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, melainkan membutuhkan keseriusan agar kebahagiaan yang anda harapkan berhasil didapatkan. Tips-tips yang saya berikan ini, tidak hanya untuk anda melainkan untuk diri saya sendiri, dan hal tersebut menjadi deretan atau catatan yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan yang saya inginkan. Dan hasilnya 75% perjalanan hidup saya sehari-hari menjadi lebih bermakna atau berarti.

Adapun tips-tips yang ingin saya bagi adalah sebagai berikut;

Pertama, mempertanyakan diri. Menjalani hidup bukanlah semudah omongan yang keluar dari mulut dengan pertimbangan yang matang, melainkan membutuhkan komitmen yang kuat dalam menjadi proses yang rumit. Ketika kita menhadapai kesulitan yang besar, dan membuat kita putus asa, bahkan tidak memiliki gairah atau semangat lagi dalam mejalani kehidupan ini. Nah…, dalah hal inilah kita harus mempertanyakan diri kita sendiri, apakah kita ingin bahagia? Ataukan akan tenggelam dalam kesulitan yang kita hadapi? Tentu saja yang kita inginkan adalah mendapatkan kebahagiaan. Oleh karena itu, saat kita menghadapi kesulitan kecil maupun besar, kita harus bertanya pada diri kita sendiri, apakah kita ingin bahgaia atau tidak?

Kedua, berpikir positif. Kesulitan yang kita hadapi biasanya mempengaruhi pikiran kita, mempengaruhi perilaku kita, dan mempengaruhi yang lainnya. Setelah kita bertanya pada diri kita sendiri, hal yang dibutuhkan adalah berpikir positif dan menjadikan kesulitan menjadi sebuah tantangan yang manis pada akhirnya. Karena dengan demikian, anda bisa move on dan berjuang terus untuk menjalani proses hidup sehari-hari.

Ketiga, Sederhanakan Hidup Anda. Menyederhanakan hidup untuk menjadi lebih simple atau tidak menjadi rumit adalah bagian yang penting. Akan tetapi bukan berarti kita harus mengurangi segala sesuatu yang menjadi kebiasaan sehari-hari. Menyederhanakan hidup pada dasarnya adalah berpikir positif, tidak terlalu menganggap masalah menjadi masalah yang besar, atau sesuatu yang membuat hidup ini menjadi lebih rumit. Misalnya; ketika anda kehilangan uang karena dicuri, maka anggap saja bahwa uang yang dicuri tersebut sebagai bagian dari hak orang lain, karena dari setiap rezeki yang kita dapatkan ada hak untuk orang lain. Atau ketika anda menghadapi masalah secara terus menerus, jangan mengatakan “masalah-masalah ini terlalu berat, aku menyerah” tapi, katakan “masalah-masalah yang aku hadapi ini sungguh luar biasa, lihat saja, akan aku buktikan siapa diri ku sebenarnya”.

Oleh karena itu, buatlah hidup ini menjadi lebih sederhana, jangan terus merenungi masalah yang ada, jangan membuat masalah menjadi rumit, tersenyumlah dan buat masalah itu menjadi pelajaran yang memiliki makan yang luar biasa dalam hidup anda. Karena hidup tanpa masalah sama saja dengan “Robot”.

Keempat, Mengikuti Arus. Banyak orang di dunia ini bertolak belakang dengan keinginan yang sebenarnya, mereka melawan kehendak hati yang mengakibatkan pada ketidakpuasan akan hasil yang dicapai. Konsep yang matang dan kerja lembur harus terbayar dengan hasil yang masih dibawah standar. Karena mengikuti arus; bukan hanya arus luar akan tetapi arus dalam (yang ada dalam diri sendiri) juga menjadi prioritas yang tak boleh dikesampingkan. Oleh karena itu, agar arus kehidupan sejalan dengan harapan walau tidak mencapai 100% namun hasilnya terasa memuaskan, maka ikutilah kata hati anda dan pikiran anda. Jangan memberikan kepercayaan secara penuh kepada arus luar yang bisa saja menikam anda dari belakang.

Dengan demikian, kebahagiaan yang anda inginkan ditentukan oleh dua arus yang tak mungkin bisa sama, namun masih bisa disama-samakan. “Kebahagiaan yang sesungguhnya tidak ditentukan sejauh mana anda membuat orang lain bahagia, namun sejauh mana anda bisa bahagia untuk membuat orang lain bahagia“
 
Kelima, Fokus Pada Kebahagiaan. Ralph Waldo Emerson said: “To different minds, the same world is a hell, and a heaven.” The practical translation: put in an effort to both seek out happiness-boosting experiences and learn to express gratitude for what you find. There will always be crap lying around in your life. This will never go away. If you focus on it, your world will become Emerson’s hell.


Hidup ini terlalu mudah untuk kita tipu, akan tetapi apakah anda bisa dengan mudah untuk memanipulasi kebahagiaan anda. Simple.., tersenyumlah dan lakukan apa pun yang anda inginkan selama itu membuat anda lebih bahagia dan tidak menggangu orang lain.


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate