Sunday, March 17, 2013

0 BERPIKIR POSITIF


Berpikir positif bukan saja pada berpikir tentang hal-hal yang berbau enak tanpa harus merasakan bagaimana bau enak tersebut (instan), baik dari pembuatannya sampai pada menyajikan. Berpikir positif adalah sebuah mental kuat yang terdapat didalam diri kita dalam memandang sesuatu, merasakan sesuatu maupun melibatkan sesuatu, baik dari kata-kata dan gambaran tentang sesuatu yang bersifat membangun didalam diri kita. Sehingga pada akhirnya kita bisa mengaplikasikan apa yang kita dapatkan dari berpikir positif, sebuah sikap dan sifat yang akan membawa anda pada sesuatu yang jauh lebih baik dan sederhana serta selalu berhati-hati dalam menghadapi maupun menyelesaikan sesuatu.

Secara sederhana, berpikir positif bisa memberikan sebuah tantangan yang menarik dalam hari-hari anda, sebuah tantangan yang berat namun akan menghasilan kenikmatan tersendiri jika sudah mampu menanamkan pada jiwa anda. Saya ingin mencoba memberikan sebuah ilustrasi yang sesederhana mungkin agar dapat lebih membuat anda semakin mengerti tentang bagaimana manfaatnya berpikir positif.

Ilustrasi pertama;

Jingga adalah seorang seorang pemuda yang selalu serius dalam menghadapi segala sesuatu, keseriusannya diikuti dengan keinginan yang besar untuk menjadi orang sukses, terus berusaha dan pantang menyerah adalah sifat yang selalu ia tanam namun tak mudah percaya sama orang lain ketika sudah dibohongi walau sudah mendapatkan penjelasan yang benar atas masalah yang terjadi (apapun itu), suatu hari, jingga ditelpon sama seorang temen deketnya yang berasal dari luar daerah untuk menerima barang yang akan dikirim kepadanya, barak elektronik yang bernialai ratusan juta.

Sejak saat itu, jingga merasa ini adalah kesempatan yang sanagat berharga untuk dirinya, bisa menjadi pengusaha elektronik yang sukses, jigga pun terus mempromosikan barang-barang yang akan dikirimnya, membicarakannya dari satu telinga ke telinga yang lain sehingga banyak orang yang tahu bahwa jingga akan menjadi pengusaha elektronik.

Setelah beberapa minggu kemudian, informasi tersebut semakin kuat, jingga pun semakin semangat dalam menjalani hal tersebut. Namun setelah beberapa minggu lagi, informasi itu menghilang, jingga yang begitu semangat kini mulai bingung dengan apa yang dia pikirkan, dan ternyata semua itu bohong belaka, tidak ada kabar karena saat jingga menelpon temannya, tidak pernah mau diangkat dan membuat jingga semakin pusing karena sudah terlalu banyak orang yang tahu dan semua itu membuat jingga semakin stress, pikirannya gak karuan, dan selalu uring-uringan. Setelah semua itu berlalu, jingga tidak pernah percaya lagi sama orang lain dan pikirannya itu membuat jingga menjadi hancur berantakan. Masa depannya yang cerah hancur dan tidak ada semangat lagi untuk menggapai masa depannya. Banyak tawaran namun tak ada satu pun yang diterimanya karena pikirannya yang sudah kedung negative terhadap janji-janji manis 
orang lain.

Ilustrasi kedua;

Ilustrasi kedua ini hampir sama alurnya dengan ilustrasi yang pertama, namun karena toni selalu berpikir positif walau sering kali dibohongi sama orang lain, namun tak pantang menyerah dan selalu berusaha untuk meraih masa depan yang lebih baik, kebohongan orang lain membuatnya semakin dewasa dalam berpikir dan tidak pernah membenci orang-orang yang telah membohonginya. Malah dijadikan sahabat sehingga orang-orang yang pernah membohonginya merasa malu sama toni. Dan pada akhirnya, orang-orang yang pernah membohongi dan tidak pernah dibencinya yang membuat toni semakin sukses dan mendapatkan impiannya yang selama ini toni impikan, menjadi pengusaha sukses dan tidak pernah sombong dalam kesehariaanya.

Bagi toni, pengalaman pahit terhadap sesuatu adalah tempat belajar yang paling berharga ketimbang pengalaman manis yang diterimanya. Pegalaman manis kemudian mendapatkan kesuksesan adalah salah satu kenapa ornag bersifat angkuh dan tidak peduli sama orang lain ketika sudah menjadi orang kaya. Namun pengalaman-pengalaman pahit adalah pelajaran yang tidak akan pernah membuat kita sombong jika kita terus berpikir positif dalam menghadapi segala sesuatu. Tidak penting orang tersebut berbohong namun yang terpenting adalah orang tersebut sudah memberikan kita pelajaran yang sangat berharga dan terus menjadikannya sebagai sahabat, apalagi sesama muslim.

Dari ilustrasi sebut semoga kita mampu mengambil hikmah yang dapat memberikan kita pelajaran berharga, baik itu untuk saya pribadi maupun anda sebagai pembaca tulisan ini. karena berpikir positif agar memberikan kita daya kekuatan yang luar biasa dalam menjalani kehidupan ini, sebuah kekuatan yang akan mengantar kita pada keberhasilan yang tidak pernah kita duga, selain itu, berpikir positif juga agar mengantarkan kita pada keidho’an Allah SWT, baik dalam menjalani kehidupan didunia maupun di akhirat nanti. Sebuah kebahagiaan yang tak bisa kita prediksikan sebagai manusia yang tidak bisa menjangkau keHebatan dan keBesaran serta keAgungan Allah SWT.


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate