Sunday, February 16, 2014

0 Caleg Gagal: Apakah RSJ seluruh Indonesia ada persiapan kamar khusus?



Sumber Gambar; news.detik.com


Tidak menutup kemungkinan bahwa ketika gagal bertarung dalam pemilu 2014, tanggal 9 april besok, akan bermunculan Caleg stres diberbagai daerah. Misalnya; pada tahun lalu, pemilu 2009, media telvisi atau media online mempublikasikan tentang caleg yang stres akibat kekalahannya dalam pemilihan. Kota Banjar, Jawa Barat, Srihayati, 23, ditemukan tewas gantung diri sekitar pukul 07.30 WIB Selasa (14/4).Ibu muda yang mencalonkan diri untuk daerah pemilihan (dapil) I Kota Banjar dengan nomor urut 8 itu ditemukan tewas di sebuah saung bambu di Dusun Limusnunggal RT01/01, Desa Bangunjaya,Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Ciamis (http://afatih.wordpress.com/2009/04/22/daftar-caleg-stress-pemilu-2009/)).


Bahkan, apa yang pernah diberikan kepada warga ditarik kembali sebagai bentuk rasa kecewa (Di Ternate, Maluku Utara, seorang caleg berinisial HT meminta kembali televisi yang sudah disumbangkan ke warga. Ini dilakukan karena perolehan suara sang caleg sangat rendah. Kejadian ini terjadi di RT 02 Kelurahan Falawaja II, Kota Ternate Selatan (http://afatih.wordpress.com)).


Sedangkan pemerintah juga menegaskan bahwa; Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan kasus pemilu lima tahun lalu yang menyisakan cerita para caleg yang stres karena tidak terpilih dan sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit, harus dijadikan pembelajaran bagi caleg-caleg yang maju di pemilu 2014. Pasalnya, kata politisi Demokrat itu, para caleg jangan terlalu nafsu dengan kondisi keuangan yang tidak memadai. Bahkan, dikhawatirkan menjual rumah dan harta bendanya demi maju sebagai wakil rakyat. Ia juga mewanti-wanti agar rumah sakit jiwa diperbanyak usai pemilu ini.


"Rumah sakit jiwa harus banyak soal pileg. Seperti pemilu kemarin banyak yang stres, jual rumah. Pileg butuh uang banyak, harus diperhitungkan," jelas Marzuki di Gedung Nusantara III, DPR RI, Selasa (7/1). Marzukie pun tidak menepis perlu merogoh kocek untuk kembali maju sebagai anggota dewan. Namun, ia memastikan dana yang dipakai halal dan merupakan investasinya selama ini. "Ini investasi saya. Saya tidak mau mempunyai beban bila dana karena dikasih," pungkasnya. (Laporan: Firardy Rozy, http://politik.rmol.co)


Namun, Dari salah satu media online Bali menjelaskan bahwa; Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali di Kabupaten Bangli tidak menyiapkan kamar khusus untuk mengantisipasi caleg stres akibat gagal “bertarung” dalam Pemilu Legislatif, 9 April 2014. Direktur RSJ Provinsi Bali dr Ni Made Yuniti menyatakan untuk menghindari stres yang berlebihan yang berujung pada gangguan kejiwaan, para caleg semestinya sedari awal dapat mempersiapkan mental. Ia mengemukakan, kapasitas tempat tidur yang terletak di kabupaten berhawa sejuk itu kini sudah bertambah lagi 100 semenjak pembangunan gedung yang baru.


Meskipun ada penambahan tempat tidur, namun yang sudah terisi juga cukup tinggi yakni mencapai 90 persen. Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya mengatakan RSJ memang harus melayani siapapun itu yang mengalami gangguan psikologi dan kejiwaan serta tidak hanya caleg yang stres. Berdasarkan daftar calon tetap (DCT) di Provinsi Bali untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota total ada 3.230 caleg. (Bali, Menara-FM.com)

 Bagaimanakah cerita Caleg tahun ini, apakah akan memberikan warna bagi media online maupun media televisi? wait and see.

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate