Sunday, July 7, 2013

0 Bulan Puasa "Bersihkan Pikiran @ Sucikan Hati"




Puasa sudah didepan mata, tinggal menghitung jam saja, namun bagaimanakan persiapan anda dalam menghadapi puasa agar puasa tak menjadi sia-sia? Jika belum, maka persiapkanlah dari sekarang, dan tidak salah jika anda mengagendakan beberapa kegiatan yang bisa menunjang keberhasilan anda dalam menjalankan puasa. Misalnya; agenda tadrusan sebulan penuh, berbuat baik kepada orang lain, dan hal-hal yang positif lainnya. Kita semua berharap bahwa apa yang telah kita lakukan dimasa lalu (dosa) diampuni oleh Allah SWT agar kita kembali ke fitrah masing-masing.
Ada beberapa tips untuk menjalankan puasa agar apa yang inginkan terwujud, apalagi ketika Allah meridhoi apa yang kita lakukan dan mendapatkan tempat disisinya, inilah beberapa tips yang bisa saya sare atau bagikan kepada anda;
A.    Jernihkan Pikiran Anda

Berpikir positif adalah hal yang penting dalam menjalankan kebaikan, apalagi berpuasa agar mendapatkan ampunan dan ridhoNya, tentunya dibulan yang suci ini, anda harus menjernihkan otak atau fikiran anda, misalnya; selama sebelum datang bulan puasa, pikiran anda tidak karuan, sering berpikir yang negatif, berpikiran jorok, selalu berpikir buruk kepada orang lain dan sebagainya.

Pikiran-pikiran negatif itulah yang akan mengurangi nilai puasa anda, jika itu masih tersimpan didalam otak anda, besar kemungkinan puasa yang anda jalankan hanya sebatas menahan lapar dan haus, “Wallahualam bissawab” semua itu hanya Allah yang tahu, manusia hanya bisa menilai dari luarnya saja. Oleh karena itu, mari kita semua jernihkan pikiran kita, agar puasa yang akan kita jalani berjalan dengan lancar dan tidak sia-sia.

B.      Jernihkan Hati Anda

Selain pikiran terbebas dari pikiran-pikiran negatif, hati juga harus dibersihkan dari hal-hal yang akan membatalkan puasa. Karena hati adalah biang keburukan dan kebaikan setelah pikiran. Jika hati bersih, maka raja (pikiran) akan menuntun budak (badan) untuk melakukan perbuatan yang baik, begitu juga sebaliknya. Sehingga hati harus dijaga dan dipelihara agar apa yang akan anda tempuh di bulan puasa ini berjalan dengan lancar.

Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, rasulullah pernah bersabda bahwa “didalam diri manusia ada seketul daging, yang apabila baik maka baik pula seluruhnya (jasad), dan apabila buruk maka buruk pula seluruhnya. Dan ketahuilah seketul daging tersebut adalah hati” (hadist riwayat Imam Bukhari). Nah…, salah satu yang utama untuk menjaga hati agar tetap bersih maka anda harus mempelihara sholat lima waktu, karena dengan sholatlah, hati bisa terjaga dengan baik.

C.    Perbanyaklah Silaturrahmi

Di Bulan Puasa Ramadhan ini, umat Islam juga dianjurkan untuk bersilaturahmi kepada sanak famili ataupun rekan sejawat. Silaturahmi merupakan ibadah yang sangat agung, mudah dan membawa berkah. Sebagaimana Firman Allah SWT dan Sabda Rasulullah SAW:

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu” (QS. An Nisaa : 1).

“Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan ? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikanNya telinga mereka, dan dibutakanNya penglihatan mereka (QS. Muhammad (47) : 22-23). Oleh karena itu, silaturrahmi memiliki arti penting dalam hidup ini karena dengan silaturrahmi kita bisa menjaga komunikasi kita terhadap saudara-saudara kita, apalagi bangsa indonesia adalah bangsa yang tidak lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).



Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate