Thursday, April 4, 2013

0 Belajar Berimajinasi "S-A-N-T-A-I"


Dokumen Pribadi RLM, Pantai KUKUP-Jogja

Santai merupakan suatu kebiasaan yang paling sering dilakukan, apalagi didukung dengan zaman hiburan seperti saat ini, dimana-mana ada tempat yang asik untuk dikunjungi, baik bersama keluarga, sahabat, pacar maupun yang lainnya. Namun santai dalam konteks pembahasan ini adalah menghindari kejenuhan dalam menghadapi ujian masa depan yang sedang digapai, bukan santai dalam kontek hanya untuk mencari kesengan semata.

Menghilangkan kejenuhan dengan bersantai dipinggir pantai, tempat yang asik dan lain sebagainya adalah salah satu cara menetralkan pikiran agar tidak pusing atau kehilangan konsentrasi dalam merencakan sesuatu, banyak orang bilang bahwa “jangan terlalu dibawa serius, santai aja, kita terkadang membutuhkan refresing agar otak tidak ribet” nah inilah yang saya mau bahas dalam edisi kata S-A-N-T-A-I, bacalah dengan santai dan semoga bermanfaat.

(S) Slow But Sure (Pelan Tapi Pasti)

Pelan tapi pasti, begitulah kata-kata orang ketika berhadapan dengan orang-orang yang terburu-buru dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau yang lainnya, terburu-buru namun tidak menghasilkan kepuasan malah mendapatkan kekecewaan. Bahkan selama melaksanakan suatu pekerjaan apapun, kekecewaan lebih besar dirasakan ketimbang hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, kehati-hatian dalam bertindak adalah salah satu yang harus kita cermati dan pelajari sebelum melakukan sesuatu dan mendapatkan hasil yang tidak maksimal.

Sebuah keberhasilan merupakan hasil dari suatu usaha yang kita lakukan. Orang yang meraih keberhasilan dalam suatu aktivitas akan disebut sebagai orang yang hebat karena telah berhasil meraih apa yang ia inginkan, sebaliknya, orang yang gagal meraih keberhasilan itu, maka ia akan dikatakan sebagai orang yang gagal. Hal inilah yang terbentuk dalam pola pikir sebagian orang. Satu hal yang perlu kita ingat, tidak selamanya kegagalan itu menandakan ketidakmampuan kita untuk mencapai suatu tujuan. Sebab kegagalan itu adalah proses atau sebuah jalan panjang menuju titik kejayaan. Kita mungkin sering mendengar kata-kata mutiara Kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Ternyata hal ini memang terbukti. Seorang Thomas Alfa Edisson mengalami ratusan kegagalan sebelum akhirnya mampu menemukan lampu. 

Sehingga yang perlu kita perhatikan disini adalah bagaimana belajar dari kegagalan tersebut dan jangan terburu-buru dalam bertindak, anda harus coba menerapkan “slow but sure” biar apa yang sudah direncakan tidak menuai kegagalan lagi.

“jangan pernah melakukan sesuatu dengan terburu-buru, pelajarilah dari segala sisi agar tak ada sisi yang akan membuat anda harus menuai kegagalan”

(A) Aman

Merencakan masa depan dengan baik, membutuhkan berbagai macam pilihan agar tidak merasakan kekecewaan dalam kegagalan. Misalnya refresing atau hal-hal yang membuat anda merasa terkontrol dari arah yang tidak jelas. Sehingga sesuatu yang sudah terkendali dapat anda pegang dengan semangat yang kuat.

“aman adalah kata yang tepat ketika anda sudah siap dengan segala resiko yang harus anda hadapi, karena aman bukan datang dari tantangan yang ada namun karena anda sudah mempersiapkan segala sesuatu yang akan menyelesaikan tantangan yang akan anda hadapi”

(N) Normal

Normal bukan hanya memiliki penafsiran terhadap kehidupan manusia, namun dalam hal ini, normal adalah suatu keadaan yang baik-baik saja dan akan terus seperti itu. Normal adalah suatu kehidupan yang akan kita dapatkan setelah mendapatkan keberhasilan dalam meraih masa depan. Dan pengertian normal-normal yang lainnya sesuai dengan penafsiran anda.

Meraih masa depan tak mudah seperti membalikkan telapak tangan dan meraih kehidupan yang normal (seraba ada) namun membutuhkan semangat dan komitmen yang tinggi. Tak mudah putus ada dan selalu berhati-hati dalam menjalankan setiap rencana yang akan dijalankan, “slow but sure”.

“kenikmatan saat menemukan kehidupan normal adalah ketika berjuang dalam situasi yang sulit dan tak pernah menyerah”

(T) Teliti

Berpikir adalah dasar tindakan Anda. Disadari atau tidak, Anda bertindak sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran Anda. Nah dari sinilah, jika Anda berhati-hati dalam berpikit atau teliti dalam bertindak maka saya yakin bahwa apa yang anda rencakan akan berhasil sesuai dengan harapan anda walau tidak secara 100%.

Halangan dan rintangan ibarat sebuah batu yang ada di depan kita. Sementara pikiran ibarat kendaraan yang akan melalui batu tersebut. Jika kendaraan jauh lebih besar dibandingkan batu yang ada, maka kendaraan tersebut akan lebih mudah melalui batu tersebut. Namun, jika kendaraannya kecil, bahkan lebih kecil dibandingkan dengan batu yang ada di hadapannya, maka akan sulit untuk melangkah.

“besar atau kecilnya sebuah tantangan yang dihadapi tergantung begaimana anda berpikir dalam mengahadapinya, baik itu secara kehati-hatian atau teliti”

(A) Asik

Dalam sebuah perencanaan, terkadang otak tak selalu keadaan normal dalam berpikir, pusing, buntu dan lain-lain sehingga membutuhkan ketenangan dan kesejukan agar otak bisa berpikir normal kembali. membuang semua viris-virus yang ada dan mengabdate anti virus agar tidak eror. Nah, tempat yang asik untuk bersantai adalah salah satu cara agar menyegarkan dan mengencerkan otak.

“kenikmatan berkarya adalah ketika anda mampu melibatkan seluruh daya yang ada dalam diri anda terutama pada tempat-tempat sejuk dan nyaman”

(I) Imajinasi

Berimajinasi bukan hal yang sulit untuk dilakukan, semua memiliki kemampuan berimajinasi, namun sampai batas mana, itu yang perlu kita kaji bersama. Apakah hanya sebatas imajinasi sederhana atau professional sehingga menghasilkan karya terhebat didunia ini. namun terkadang berimajinasi tidak selamnya lancar ketika dalam keadaan yang sama, yang artinya berimajinasi hanya sebatas dalam rumah saja tidak pernah merasakan berimajinasi ditempat yang indah (tempat santai).

“dunia tak selebar daun kelor” sebuah pepatah lama yang gak tabu bagi kita semua. so…, it’s time for me, you, we, them and everything, than let’s do it…

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate