Sunday, March 31, 2013

2 Edisi Belajar Berimajinasi "B-A-H-A-G-I-A"


Edisi kali ini adalah belajar merangkai satu kata menjadi beberapa penjelasan yang sesuai dengan makna tertentu, dimana kali ini saya akan mencoba merangkai kata “B-A-H-A-G-I-A”, mencoba mengkolaborasikan beberapa kata yang berkaitan dengan ketika kita sedang menglami kebahagiaan dalam menjalani hari-hari terutama dalam meraih masa depan yang lebih baik. tak ada tujuan lain dalam tulisan ini selain mencoba berimajinasi dengan setiap satu kata yang mengandung arti tertentu. Dalam edisi selanjutnya juga, saya akan mencoba merangkai kata-kata dari satu kata yang kita rasakan, dan ini akan berlanjut selama satu minggu kedepan.

Secara sederhana, bahagia adalah sesuatu yang kita rasakan, dimana perasaan bahagia tersebut membuat kita semangat dan selalu tersenyum dalam menjalani hari-hari. Entah datang dari keluarga, pacar, sahabat maupun karena sesuatu yang kita lakukan dan berjalan dengan maksimal sesuai dengan keinginan kita, dibawah ini ada beberapa kata yang berkaitan dengan kata “B-A-H-A-G-I-A” dalam meraih atau merencanakan masa depan yang lebih baik.

(B) BELAJAR

Perasaan bahagia akan mengundang semangat anda dalam belajar, mengerjakan sesuatu tanpa ada beban yang akan membebani anda, terutama dalam belajar. Belajar dalam hal ini, bukan hanya sekedar belajar serta mengetahui sesuatu hanya sebatas pengertian sederhana namun lebih kepada memahaminya secara universal, baik secara teori maupun praktik. Sehingga banyak orang mengatakan bahwa “belajar untuk belajar jauh beda dengan belajar untuk memahami”.

Belajar yang sesungguhnya bukanlah hal yang mudah ketika anda memandang sesuatu dengan gampang, tanpa rencana dan pengetahuan yang lebih luas terhadap apa yang mau anda pelajari, “bisa karena biasa” ungkapan yang sering dilontarkan oleh orang-orang yang sudah sukses, namun disisi lain, ketika anda tidak pernah belajar dan mencari cara untuk menjadi orang sukses, baik dari sahabat, buku dan yang lainnya maka anda tidak akan pernah bisa. Yang jelas bahwa ketika anda merasa bahagia akan sesuatu maka kebahagiaan itu akan menarik anda untuk mencapainya.

(A) ATURAN

Ketika anda ingin mencapai sesuatu, pasti anda membutuhkan aturan-aturan, baik itu aturan yang mengikat maupun aturan yang bebas. Aturan yang mengikat adalah aturan yang akan memperingatkan anda ketika anda keluar dari jalur yang sudah direncanakan, sedangkan aturan bebas adalah aturan yang tak mesti anda jalankan, yang artinya aturan ini adalah aturan tambahan, misalnya; refresing untuk menyegarkan otak dan lain-lain. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah anda aturan yang anda buat untuk menggapai masa depan anda? Jika ada, maka matangkanlah dan jika tidak ada, maka dengan segeralah anda membuat aturan agar anda terkontrol dengan aturan yang anda buat.

“perasaan bahagia akan membuat anda merasa lebih kuat dalam menghadapi tantangan masa depan anda”

(H) HARAPAN

Aturan-aturan yang sudah ada akan membuat harapan anda terkontrol, menurut Mr. Wiki Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang, dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud. Namun ada kalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu. Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha. Beberapa pendapat menyatakan bahwa esensi harapan berbeda dengan "berpikir positif" yang merupakan salah satu cara terapi atau proses sistematis dalam psikologi untuk menangkal "pikiran negatif" atau "berpikir pesimis".

“harapan adalah kekuatan jiwa yang akan mendorong anda untuk melangkah dalam meaih masa depan”

(A) ANTUSIAS

Antusias adalah sikap, sikap anda terhadap sesuatu atau objek tertentu yang akan membuat anda untuk melakukan dengan kesadaran dan tanpa merasa dipaksa oleh siapapun bahkan anda selalu ingin melakukannya, sikap antusias ini akan membawa pada titik yang sudah direncakan. Sikap antusias menimbulkan gairah positif yang meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain, membuat lebih terbuka terhadap ide-ide atau peluang baru dan bahkan meningkatkan kualitas kesehatan.

Kesenangan terhadap suatu hal secara sukarela dan menyenangkan. Selalu menanti apa yang akan terjadi terhadap sesuatu hal tersebut. Kata antusias (enthusiast) atau antusiasme (enthusiasm) berasal dari bahasa Yunani kuno “entheos” yang berarti “Tuhan di dalam” dan antusias berarti “diilhami dari Tuhan”. Sedangkan menurut kamus Webster, antusiasme berarti “kegairahan yang kuat terhadap salah satu sebab atau subyek; semangat atau minat yang berapi-api; kegairahan.”

“kekuatan yang sesungguhnya didalam diri anda, akan keluar ketika anda terus antusias atau semangat didalam menjalaninya”

(G) GIAT

Dalam kamus besar bahasa indonesia, giat adalah semangat, rajin dan bergairan baik itu dalam belajar, berusaha maupun hal-hal positif dalam meraih hal yang lebih baik, hal ini juga akan anda rasakan ketika anda merasakan kebahagiaan. Ketika dalam keadaan sedih atau kurang semangat, gairah dalam diri akan hilang dengan sendirinya, perasaan malas akan menggerogoti pikiran anda sehingga motivasi anda dalam meraih masa depan berkurang, bagaikan ketika anda merokok, sedikit demi sedikit akan habis dan anda menikmatinya. Padahal sudah jelas bahwa merokok dapat menyebabkan kangker, serangan jantung dan lainnya namun karena anda menikmati hal tersebut maka anda tidak memperdulikannya, seolah-olah anda tidak bisa membaca.

“hidup itu indah, kesedihan adalah tamu agung yang akan memberikan anda pelajaran tentang rasa sedih tersebut”

(A) ACTION

Action adalah tindakan terhadap rencana yang sudah dibuat, tindakan yang dilakukan tentu saja tidak monoton akan tetapi multi tindakan, namun tidak secara berbarengan atau samaan. Misalnya, tindakan secara sosial, tindakan hukum, tindakan terhadap Tuhan (menjalankan segala perintahNya) dan lain sebagainya. Dalam kehidupan sosial dengan Tuhan maupun dalam hubungannya dengan alam sekitar dan masyarakat tentu diwarnai dengan berbagai macam tindakan atau perbuatan, tentu perbuatan ini diperoleh melalui proses belajar baik secara formal maupun informal. Tindakan ini menunjukkan bahwa manusia selalu aktif dan tidak bisa diam dalam menjalani hidup.

Setiap perbuatan manusia yang dilakukan dengan maksud maupun tujuan tertentu ini dinamakan tindakan sosial. Menurut Max Webber , tindakan sosial ialah perbuatan manusia yang dilakukan untuk mempengaruhi individu lain di dalam masyarakat. Sebagaimana telah dikatakan di atas bahwa tindakan ini sangat erat kaintannya dengan kehidupan masyarakat. Hal ini dikarenakan manusia memiliki dorongan untuk hidup bermasyarakat. Sejak lahir manusia mempunyai naluri untuk hidup bersama manusia lain.

“bergunanya hidup ketika anda berguna bagi orang lain”

(I) ILMU

Menurut Mr. Wiki ilmu atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Kata ilmu dalam bahasa Arab "ilm"  yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya.

Kebahagiaan adalah dasar seseorang untuk melakukan sesuatu dengan lebih semngat, karena dengan rasa bahagia, kekuatan yang ada dalam diri keluar secara maksimal. Kebahagiaan inilah yang terkadang menuntut kita untuk mencari, mendapatkan dan memasukkan serta memahami sesuatu agar kita mengetahui maknanya secara universal sehingga kita tidak kaku dengan hal tersebut. Pertanyaannya adalah apakah disaat anda sedih atau sedang menghadapi masalah kepekan anda terhadap sesuatu lebih tajam dari pada saat anda bahagia?

“Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri china” sebuah ungkapan yang tidak asing lagi ditelinga anda, so…, “berbuatlah sesuatu atas dasar kebahagiaan anda agar apa yang anda lakukan berjalan dengan lancar. Berdo’a kepadaNya agar diridhoi dan selalu diberi petunjuk”

(A) APLIKASI

Aplikasi biasanya diartikan dalam sebuah perangkat lunak yang digunakan dalam computer. Jika anda mencari makna dengan mengetik aplikasi maka anda akan disuguhkan dengan berbagai artikel menarik tentang sebuah perangkat lunak (aplikasi). Aplikasi dalam hal ini adalah sebuah tindakan reflex dari hasil pikiran. Misalnya; ketika anda lapar, haus, ingin jalan-jalan dan sebagainya. Kalau bahasa gaulnya seorang mahasiswa mengatakan “NACO (No Action Coment Only), aplikasikan dong, jangan hanya bicara saja”

“hidup bukan sekedar numpang jalan-jalan namun setiap jalan-jalan yang kita lakukan akan kita pertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT”


2 comments

March 31, 2013 at 10:56 AM

Boleh juga, ya? Memang ketika bahagia, variabel demikian dengan sendirinya mengiringi ke dalam perasaan kita. Tp omong2 itu kok jadinya BAHAGAIA? Sengajakah?

March 31, 2013 at 11:54 AM

antara sengaja dan tidak, aku hanya ingin mencoba merangkai kata-kata dari rasa yang psotif selama seminggu ne kemudian akan saya coba untuk melanjutkan dengan rasa negatif untuk minggu depannya... heheheh

terima kasih ya dah mampir and meninggalkan jejak di rantauanlombokmenulis. sekali lagi terima kasih banyak..

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate