Monday, April 1, 2013

0 Belajar Berimajinasi "T-E-R-S-E-N-Y-U-M"



Tersenyum adalah sebuah tindakan yang paling mudah dilakukan, baik ketika dalam keadaan marah maupun dalam keadaan apapun, namun biasanya karena egois yang tinggi dan kepribadian yang tidak mudah tersenyum mungkin akan terasa sulit, karena senyuman membutuhkan energy positif didalam jiwa agar senyuman itu membawa makna bagi orang lain. Misalnya; ketika anda tersenyum untuk sahabat yang sedang merasakan kebahagiaan karena mendapatkan pekerjaan maka sahabat anda akan merasa lebih bahagia dari sebelumnya karena senyuman anda diartikan sebagai bukti bahwa ikut dan mendukung dalam segala urusan yang dilakukan.

Ada beberapa kolaborasi yang ingin saya gambarkan dalam kata T-E-R-S-E-N-Y-U-M, dengan harpan sebagai pembelajaran murni buat saya pribadi maupun bagi anda, itu pun jika apa yang saya tulis memberi makna bagi anda.

(T) Toleransi

Pernahkah anda banyangkan bahwa ketika anda tersenyum terkadang memberikan toleransi kepada orang lain? Sebuah senyuman sederhana yang dimaknai berbeda ketika dalam senyuman yang berbeda. bagaimana sih senyuman yang berbeda? senyuman kayaknya gak ada yang beda, semuanya sama saja? Jika anda berpikir seperti ini maka anda sudah salah menafsirkan. Dalam islam “senyum adalah ibadah” kata-kata ibadah sudah menunjukkan perbedaan dalam senyum, namun apakah senyuman termasuk dalam sebuah toleransi? Jawaban saya “ya”

Toleransi berasal dari kata “ Tolerare ” yang berasal dari bahasa latin yang berarti dengan sabar membiarkan sesuatu. Jadi pengertian toleransi secara luas adalah suatu sikap atau perilakumanusiaan yang tidak menyimpang dari aturan, dimana seseorang menghargai atau menghormati setiap tindakan yang orang lain lakukan. Sedangkan menurut Mr. Wiki Toleransi juga dapat dikatakan istilah dalam konteks sosial budaya dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya deskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat. Contohnya adalah toleransi beragama dimana penganut mayoritas dalam suatu masyarakat mengizinkan keberadaan agama-agama lainnya.

Istilah toleransi juga digunakan dengan menggunakan definisi “kelompok” yang lebih luas , misalnya partai politik, orientasi seksual, dan lain-lain. Hingga saat ini masih banyak kontroversi dan kritik mengenai prinsip-prinsip toleransi baik dari kaum liberal maupun konservatif. Jadi toleransi antar umat beragama berarti suatu sikap manusia sebagai umat yang beragama dan mempunyai keyakinan, untuk menghormati dan menghargai manusia yang beragama lain.

“tersenyum adalah salah satu obat egois dalam diri, karena tersenyum akan membuat orang merasa bahwa anda baik-baik saja”

(E) Evaluasi

Apakah sebuah senyuman perlu untuk dievaluasi? Kalau perlu, apa dan dari mana harus mengevaluasinya? Kayaknya kurang kerjaan deh jika kita mengevaluasi sebuah senyuman? Namun, apakah anda berpikir tentang mengevaluasi sebuah senyuman?

Dalam hal ini, saya akan mencoba memberikan ilustrasi kepada anda tentang makna senyuman ketika kita tiba-tiba tersenyum. Saprin adalah seorang mahasiswa yang selalu mencoba tersenyum kepada orang lain, saat ditanya, saprin mengatakan bahwa senyuman itu adalah sebuah ibadah, apalagi sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk tersenyum. Singkat cerita, ada beberapa mahasiswa yang sedang ngobrol dengan nada marah, saat saprin lewat dan melihat kearah mahasiswa yang sedang ngobrol itu, saprin tersenyum dan berlalu pergi.

Dihari berikutnya, mahasiswa yang sedang ngobrol tersebut bertemu dengan saprin untuk yang kedua kalinya. Dengan keadaan biasa-biasa saja, saprin menghampiri orang-orang tersebut, saat berada dideketnya, orang-orang tersebut langsung mengatakan, kenapa anda tersenyum-senyum begitu? Apa kamu berani atau mau mengejek kami.

senyuman itu memiliki makna yang berbeda-beda ketika kita dalam kondisi berbeda, sehingga kita harus memahami dimana kita harus tersenyum, walau senyum itu ibadah (pengertian secara islam) namun dalam keadaan tertentu senyuman memiliki arti yang berbeda. Jangan anda pernah tersenyum lebar ketika orang sedang tertimpa musibah “meninggal dunia”, jika itu yang anda lakukan maka siap-siap di habok atau dipukul ramai-ramai.

“mengevaluasi diri bukan hanya sekedar tindakan namun senyuman juga harus dievaluasi biar tetap memiliki makna yang positif bagi orang lain”

(R) Rasa

Apa sih pengertian rasa? Apakah rasa penting untuk kita ketahui? Bagaimana bentuk rasa yang ingin kita ketahui? Apakah rasa hanya sebatas reflex? Tentu saja anda bisa menjawabnya sendiri, karena saya yakin bahwa anda sudah memahami secara universal tentang sebuah rasa yang ada dalam diri anda sendiri. Baik itu rasa kasih sayang, rasa cinta, rasa persahabatan maupun rasa-rasa yang lain. Namun yang jelas semua orang tidak akan bisa merasakan semua rasa dalam satu keadaan karena rasa akan muncul ketika dalam situasi yang berbeda.

Sebuah rasa Menunjukkan suatu kondisi mental penting dan merupakan tema dominan emosional sebuah karya seni atau perasaan utama yang ditimbulkan pada orang bahwa pandangan, membaca atau mendengar bahkan ketika anda sedang melihat.

“rasa bahagia adalah sumber kekuatan energy terbesar dalam diri anda”

(S) Semangat

Inti orang hidup adalah semangat dan bahagia, inti orang sukses adalah semangat, inti orang dalam berkarya dan menjadi kaya raya adalah semangat yang tinggi dan terkontrol sampai pada puncaknya. Semuanya serba membutuhkan semangat, semangat yang mampu membakar jiwa dan raga untuk mencapai impian yang kita harapkan.

Pernahkan anda merasa begitu semangat dalam merencakan sesuatu? Baik itu sebuah usaha, masa depan, menuntut ilmu, belajar setinggi langit “belajarlah sampai ke negeri china”, atau sesuatu yang akan membuat anda akan merasa lebih baik kedepannya. Yang artinya bahwa anda mengetahui bahwa semangat ada dalam diri anda, tertanam didasar jiwa anda ketika anda tidak gairah dalam menjalani hidup namun keluar sebagai kekuatan utama ketika anda terus ingin berkarya agar tidak ditertawakan oleh dunia.

“tempatkanlah kekuatan anda pada tempat yang sesuai karena itu akan memudahkan anda untuk mengetahui sejauh mana kekuatan anda dalam bertindak”

(E) Elemen

Menurut Mr. Wiki kata elemen berasal dari kata latin elementum yang berarti "bagian-bagian dasar yang mendasari sesuatu". Perkembangan kata ini di bahasa Latin sangat dipengaruhi oleh kata bahasa yunani στοιχεον (stoicheion), akar kata persisnya yang tak dikenal.

Elemen dasar dalam kehidupan ini adalah bumi (tanah), api, air dan udara. namun biasanya dalam kehidupan ini, banyak sekali elemen-elemen penting yang menunjang dalam meraih masa depan yang lebih baik, misalnya; orang tua (keluarga), sahabat, pacar dan sebagainya. Dan percayalah bahwa orang-orang yang selalu mendukung anda, akan membuat anda selalu merasa tersenyum, baik itu dalam keadaan sedih maupun senang, karena pada dasarnya, keluarga, sahabat dan pacar sejati tidak akan pernah menginginkan anda terjerumus dalam kekosongan masa depan, namun akan mendorong anda untuk meraih masa depan hingga anda akan puas tersenyum bahagia.

“keluarga, sahabat dan pacar sejati adalah elemen penting dalam meraih masa depan, karena mereka semua menginginkan anda untuk selalu tersenyum”

 (N) Nyaman

Nyaman memiliki arti yang bermacam-macam tergantung situasi dan kondisi yang dirasakan oleh setiap orang pada saat itu. Nyaman anak muda sama nyaman orang yang sudah berkeluarga sanagat berbeda. namun yang jelas ada beberapa factor yang akan membuat seseorang nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Nyaman dalam berpacaran = kepercayan dan perhatian
Nyaman dalam berkeluarga = kasih sayang yang tulus dan pengertian
Nyaman dalam menjalani hari = dompet tak kosong
Nyaman dalam beristirahat = tak ada beban pikiran
Nyaman dalam bekerja = situasi dan kondisi yang selalu mendukung
Nyaman dalam menuntut ilmu = perhatian dan dukungan keluarga, sahabat maupun orang yang paling disayang. Serta nyaman-nyaman yang lainya sesuai dengan pemahaman yang anda ketahui.

“iman dan takwalah yang akan memberikan kenyaman dunia dan akhirat” dan “biasakanlah tersenyumlah agar anda selalu merasa nyaman dalam batin anda”

(Y) Young (Muda)

Tersenyum akan membuat anda merasa awet muda dan hal ini sudah banyak orang yang menulis, jika anda tidak percaya, coba aja cari sama om google, so pasti om google akan memberikan dan menawarkan anda berbagai macam artikel tentang “senyuman akan membuat anda awet muda” namun benarkah hal tersebut? Yang jelas jika umur sudah tua maka wajah dan seluruh bagian tubuh anda akan keriput.

Inilah kata-kata orang tentang sebuah senyuman yang bisa membuat anda menjadi awet muda.

Tersenyum menandakan bahwa anda sedang bahagia (rona bahagia)
Tersenyum dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Tersenyum dapat menghilangkan stress
Tersenyum dalam menyembuhkan penyakit
Tersenyum dapat menurunkan tekanan darah tinggi
Percaya diri dan sukses itu terkadang berasal dari tersenyum
Tersenyum dapat membuat anda lebih menarik
Tersenyum dapat membuat anda menjadi periang
Tersenyum dapat membuat orang-orang selalu berpikir positif
Dan senyum-senyum yang lain sesuai dengan makna yang anda buat sendiri dalam situasi yang pernah alami.

“jangan pernah anda meremehkan suatu perbuatan apapun, baik itu hanya sekedar senyuman”

(U) Ukuran

Hidup tidak diukur sekedar seberapa besar udara yang kita hirup, sebera kuat jantung berdetak, dan seberapa deras darah mengalir dalam tubuh anda, namun sejauh mana moment kehidupan yang pernah kita jalani dan menjadi kenangan yang terhebat serta menjadi cerita dari generasi ke generasi.

(M) Martabat

Entah, apakah pandangan saya benar atau gak? Tergantung bagaimana anda menilainya dengan sudut manapun. Biasanya orang-orang yang selalu murah dengan senyuman memiliki kepribadian yang bijaksana dalam betindak dan mengatakan sesuatu, baik itu dalam keadaan marah maupun tidak. sehingga orang-orang yang selalu menebarkan atau selalu tersenyum ketika menghadapi masalah serta selalu tersenyum buat orang lain, biasanya memiliki derajat yang lebih dari orang-orang yang selalu kelihatan ganas dan tidak pernah tersenyum.

“martabat bukan hanya dilihat dari jabatan dan seberapa banyak uang yang dimiliki namun sebuah senyuman kecil yang selalu terlihat ketika marah maupun tidak”

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate