Wednesday, April 3, 2013

0 Belajar Beimajinasi "S-E-M-A-N-G-A-T"

Dokumen Pribadi RLM

Tujuan Hidup adalah memberi arti buat semua orang bukan hanya pada diri sendiri, tujuan hidup itulah yang akan melahirkan semangat dalam meraihnya, dan semangat akan melahirkan anak-anak baru yang akan membantu anda dalam meraih tujuan hidup yang lebih berguna

Inilah kata S-E-M-A-N-G-A-T yang saya kolaborasikan dengan beberapa kata dan berkaitan dengan masa depan. Semoga bermanfaat.

(S) Strong

Mungkin anda sudah tahu bahwa semangat memberikan kita kekuatan yang luar biasa dalam meraih impian yang anda impikan, sehingga salah satu kenapa kita harus terus semangat? Hanya satu alasannya, yakni (Masa depan yang lebih baik) karena dengan semangat yang selalu terjaga atau terpelihara didalam diri anda, maka yakinlah bahwa apa yang anda harapkan pasti akan anda dapatkan, terutama diiringi dengan do’a dan selalu berusaha.

“jadilah pemenang dalam hidup ini dan jangan pernah menjadi  pecundang”

(E) Energi

Salah satu cara untuk membangkitkan energy positif didalam diri anda adalah dengan mencari musuh namun bukan musuh untuk berperang akan tetapi untuk membangkitkan energy positif didalam diri anda. Ketika anda dalam keadaan pesimis maka anda harus mencari lawan dari hal tersebut, yakni; optimis, carilah orang-orang yang memiliki sifat optimis dan hisaplah kekuatan optimisnya dengan kemapuan anda sendiri. Namun jangan sampai seperti drakula.

Kepung diri dengan orang-orang yang optimis. Salah satu trik untuk mencuri energi positif adalah dengan berinteraksi dengan mereka yang memiliki semangat optimisme. Karena orang-orang dengan tipe ini, akan selalu membantu kita untuk tetap percaya pada kemampuan diri.

“ketika anda menyerah, itu bukan diri anda sendiri, namun keberanian yang ada dalam diri anda telah kalah dengan ketakutan, jadi lawanlah ketakutan itu dengan menghisap energy-energi optimis dari orang sekeliling anda”

Monoton

Inilah sifat yang sebenarnya paling dibenci oleh anda, sifat monoton yang membuat anda tidak bisa berbuat yang lain melainkan selalu sama setiap hari. Mungkin anda tidak akan pernah lupa dan saya yakin bahwa anda sudah memahami betul  dengan hal ini “Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin sungguh dia beruntung, barang siapa yang hari ini sama dengan kemarin, sungguh dia merugi, barang siapa hari ini lebih buruk dari kemarin sungguh dia celaka

“hidup ini adalah warna jika tidak berwarna bukan hidup namanya, oleh karena itu buatlah cerita warna hidup anda agar itu dikenang sepanjang masa”

(A) Ambisi

Semangat melahirkan ambisi yang kuat, ambisi yang mampu mengantar anda menuju jalan kesuksesan, tentunya harus ambisi yang produktif untuk diri sendiri dan orang lain agar hidup ini lebih bermakna dan bernilai dihadapan Allah SWT. Banyak yang menganggap sifat ambisius sebagai sifat yang negatif. Padahal, jika Anda ingin sukses berkarier, ambisi adalah salah satu syarat penting. Karena itu, jangan takut disebut ambisius. Dalam bahasa Indonesia, ambisi adalah keinginan untuk mencapai sesuatu atau kemauan untuk mencapai sukses. Dari situ, arti ambisi jelas-jelas berkonotasi positif. 

Ambisi penting dimiliki karena ambisilah yang menggerakkkan seseorang untuk mencapai tujuan-tujuan berkarier. Tanpa ambisi, seseorang seolah-olah tidak melakukan apa pun. Napoleon Hills, penulis buku Think and Grow Rich, mengatakan bahwa kurang ambisi adalah satu faktor utama yang menyebabkan kegagalan. Jalan mencapai tujuan tersendat-sendat karena Anda tidak memiliki motivasi. Karena terlalu lamban, Anda pun menemui kegagalan.

Biasanya, orang yang berambisi akan berusaha membuat hasil pekerjaannya sesuai standar tertentu, bukan asal jadi, asal cepat, atau asal memenuhi tenggat. Namun, Anda perlu memiliki batasan dalam mengejar ambisi, yakni dengan mempertimbangkan lingkungan, nilai-nilai moral dan norma-norma di sekitar, etika, serta kondisi Anda sendiri.  Hati-hati, sebab tidak sedikit orang yang untuk mewujudkan ambisi, jadi terobsesi. Alhasil, ambisinya berlebihan dan tak jarang ‘menghalalkan’ segala cara untuk mencapai ambisinya. (Sumber; femina.com)

“ingatlah bahwa ketika anda merasa lebih pinter, lebih baik, lebih hebat dan lebih-lebih yang lainnya, ada yang lebih dari anda, diatas langit masih ada langit”

(N) Nilai

Nilai bukanlah sekedar ketika anda mendapatkan nilai seratus waktu SD dulu, kemudian begitu bahagia sampai-sampai berkata “buk, pak, kak, paman, bibik and lainnya, lihatlah aku dapat nilai seratus hari ini” dan berharap mendapatkan hadiah istimewa dari sang bunda.

Dalam hal ini, nilai yang saya maksud lebih kepada nilai hidup, namun nilai hidup yang seperti apa, itu adalah urusan masing-masing diri kita. Akan tetapi yang perlu kita ingat adalah kita tidak sendiri di dunia ini bahkan ketika kita sedang sendiri sekalipun tetap bahwa kita tidak dalam kesendirian. Nah…, sekarang yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah anda termasuk saya sudah memiliki nilai dimata orang tua, keluarga, saudara, masyarakat dan yang tidak kalah penting bahkan menjadi yang terpenting adalah nilai kita dihadapan Allah SWT?

“sukses sejati bukan selamanya tergantung pada materil namun lebih kepada pengakuan orang terhadap diri kita tentang nilai positif yang telah kita perbuat”

(G) Gampang

Kata yang lebih baik dari kata gampang adalah bisa, karena biasanya penggunaan kata gampang lebih pada meremehkan, baik itu tentang pekerjaan ataupun sesuatu yang dilakukan. Namun, apakah pernah anda merasa bahwa sesuatu yang anda remehkan malah menjadi boomerang dalam kehidupan anda? Dalam hal ini, saya bermaksud mengajak anda untuk mengartikan kata gampang dengan arti yang positif, suatu pekerjaan yang sudah terbiasa anda lakukan sehingga anda mengatakan gampang.

Kata gampang bukanlah membutuhkan teori namun lebih kepada praktik yang nyata, jika anda tidak bisa membuktikannya maka kata gampang ini akan menjerumuskan anda pada kondisi yang berbeda dan hal tersebut akan membuat anda merasa malu.

“katakanlah gampang karena anda sudah belajar sepuluh tahun yang lalu”

(A) Alur Semangat

“buatlah alur kehidupan anda, karena dengan membuat alur tersebut maka anda akan terkontrol dari hal-hal yang tidak anda inginkan”
“alur yang jelas akan membuat semangat anda tetap terkontrol”
“jangan hanya belajar pada alur yang positif namun anda juga harus lebih belajar dari alur-alur negatif”

(T) Threats

Threats artinya ancaman, sebuah kata yang berasal dari kata SWOT, dimana swot adalah sebuah strategi jitu yang dimiliki oleh orang-orang besar dan hal ini pernah aku dapatkan di organisasi ku. bukanlah hidup jika kita tak pernah mendapatkan ancaman, ancaman bukan hanya berasal dari orang lain namun berasal dari diri anda. Ancaman yang saya maksud disini adalah ancaman yang bersifat universal dan tidak berpatokan hanya pada ancaman (pembunuhan).

Ancaman bisa datang dari mana saja, apalagi ketika anda begitu semangat dalam meraih masa depan anda, jika anda tidak merencakannya dengan matang maka bersiap-siaplah diterpa badai yang dahsyat.

Tahukah anda bahwa “ancaman terbesar datang dari diri anda sendiri”


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate