Wednesday, April 10, 2013

0 Belajar Berimajinasi P-A-H-I-T





Kalau mendengar kata pahit, pasti dah ingat tentang kopi. Oh ya… apakah anda sudah menikmati kopi pagi ini? namun dalam hal ini, saya tidak akan membicarakan tentang kopi pahit atau pahit-pahit yang lainnya yang bersifat mendasar namun pembahasan pahit ini lebih kepada pencapaian masa depan (pahitnya hidup). Nah… anda mungkin pernah mengalami kegagalan atau semacamnya sehingga keadaan anda semakin terpuruk, putus asa dan tidak ingin merencakan masa depan anda lagi dengan baik. hal itu anda harus buang jauh-jauh, jangan sampai anda harus menyesal dikemudian hari, “kegagalan adalah awal dari keberhasilan” dengan catatan bahwa semangat dan kerja keras tidak boleh kendor.

Banyak pepatah-pepatah bijak yang bisa memberikan sebuah motivasi dalam perjalanan hidup anda, banyak hal yang harus anda pertimbangkan ketika anda mengalami kegagalan, misalnya; sahabat anda yang selalu memberikan motivasi, orang tua anda yang selalu memberikan dukungan baik materi maupun sufort, orang-orang yang anda cintai yang selalu ada buat anda, semua itu akan menjadi obat yang mujarab bagi anda. Oleh karena itu, jangan pernah anda merasa sendiri dan putus asa dalam merencanakan masa depan anda.

(P) Peasaan

Dalam situasi kegagalan yang paling banyak muncul dalam diri anda adalah perasaan baik itu perasaan bersalah, perasaan yang egois, perasaan malu, perasaan pesimis, perasaan tidak enak sama orang lain dan sebagainya. Sehingga yang pertama kali anda lakukan ketika mendapatkan kegagalan dalam menggapai masa depan adalah menghilangkan atau mengalahkan perasaan tersebut, bagaimana pun anda masih memiliki kesempatan untuk mencapai masa depan tersebut.

 “Allah akan merubah nasib seseorang jika orang tersebut mau merubah nasibnya begitu juga sebaliknya” mungkin anda sering mendengar hal tersebut atau sudah bosan terdengar ditelinga anda. Namun anda harus memiliki kenyakinan yang kuat agar perasaan negatif yang muncul dapat anda kalahkan.

“Tears will never solve the problem, but you have to move back and plan what you've Organize”

(A) Arti

Kegagalan adalah hal yang biasa yang pasti akan dialami oleh setiap orang. Sepandai-pandai tupai meloncat  ia  akan jatuh juga. Selincah apapun burung terbang, ia akan jatuh juga. Kegagalan adalah sebuah peluang, agar kita senantiasa mencoba dan terus  mencoba tanpa lelah, serta tidak mengenal kata putus asa. Seorang bayi yang baru  berlatih berjalan ia pasti gagal dan terjatuh. Jika ia takut untuk mencoba bangkit dan berjalan,  mungkin ia selamanya akan lumpuh dan tidak bisa berjalan. Oleh karenanya, jadikan kegagalan sebagai alat pengintai kesuksesan.

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Semakin banyak gagal, berarti semakin kita mendekati kesuksesan. Oleh karenanya,  jadikan kegagalan sebagai cambuk yang mempercepat  jalan kita menuju jalan kesuksesan. Kegagalah bukanlah musuh,  ia adalah guru bijak  yang mengajarkan banyak hal dari makna hidup dan kehidupan, karena Ia senantiasa bercerita tentang nikmatnya perjuangan dan indahnya pemandangan syurga, serta manisnya iman. Dengan demikian, bersabarlah dalam berguru pada “kegagalan”, kelak kesuksesan menjadi gelar kelulusan.

“ingatlah bahwa semua memiliki arti, termasuk kegagalan”

(H) Hiasan

Hiasan adalah sebuah perangkat keindahan baik itu keindahan rumah, diri sendiri maupun yang lainnya, tanpa adanya sebuah hiasan maka akan jauh dari sebuah keindahan, sedangkan keindahan merupakan salah satu yang bisa membuat anda merasa nyaman dan damai. Contoh sederhana adalah sebuah taman, taman tanpa bunga bagai bumi tanpa disirami hujan. Jadi, pahit, manis, bahagia, susah dan sebagainya adalah sebuah hiasan yang akan mewarnai hidup anda, jangan pernah membuat hiasan itu menjadi berantakan hingga tak tertata namun anda harus selalu menatanya agar tetap kelihatan indah untuk selamanya.

“hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga namun masa depan tanpa hiasan adalah sesuatu yang mustahil”

“komitmen akan memberikan jawaban kepada anda, sejauh mana anda mampu tegar dalam menghadapi ujian”

(I) Ikrar

Pertanyaan sederhana untuk anda, pernahkah anda berjanji atau berikrar didalam diri anda untuk menggapai masa depan anda? Dan janji tersebut menjadi komitmen yang kuat dialam diri anda?

Komitmen adalah landasar dasar yang kuat didalam diri dan mengikat anda untuk mencapai tujuan yang sedang direncakan, tanpa sebuah komitmen ibarat hidup tanpa nyawa (bohong). Setidaknya komitmen memberikan anda pengertian akan begitu pentingnya sebuah tekad yang bulat dan harus tercapai, sehingga anda tidak was-was terhadap permasalahan yang akan anda hadapi, baik dari permasalahan luar mapum dalam diri anda.

“tiang agama adalah shalat sedangkan tiang masa depan salah satunya adalah komitmen”

(T) Tirai

Kata lain dari tirai adalah permulaan sandiwara, namun kehidupan yang pahit merupakan tirai kehidupan atau permulaan sandiwara hidup yang tak tahu kapan akan berhenti, hanya saja dengan mepelajari dan memahaminya anda akan menguasai hal tersebut bukan dikuasai oleh pahitnya hidup. Menguasai pahitnya hidup merupakan kemenagan bagi diri anda namun jika anda yang dikuasai maka anda tak akan pernah mampu untuk berdiri tegak, anda hanya bisa melihat kesuksesan orang lain, anda hanya bisa menelan ludah melihat orang lain bahagia dengan apa yang dicapainya.

So…, jangan pernah anda dipermainkan oleh pahitnya hidup ini, namun bermainlah dengan semangat agar anda bisa berlari bebas mengejar masa depan yang anda inginkan.


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate