Thursday, April 11, 2013

0 Belajar Berimajinasi D-E-R-I-T-A





Manusia memiliki berbagai macam alasan untuk menuntut ilmu baik secara formal maupun non formal, yakni; untuk masa depan yang cerah, kegengsian hidup, tuntutan orang tua, agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan, mencari jati diri serta alasan-alasan lain. Apakah alasan anda dalam menuntut ilmu? Apakah termasuk yang saya sebut ini?. dalam setiap perjuangan yang anda lalui. Ada dua hal yang harus kita paham mati, yakni; awal dan ahir dari perjuangan itu sendiri. Bagaimana anda mengawalinya hingga mendapatkan ahir yang maksimal.

Begitu juga dengan beberapa kata-kata negative yang menjadi tamu kehidupan anda, baik itu datang setiap hari maupun berselang jam atau hari. Misalnya; derita atau sebuah penderitaan berat yang harus dihadapi, penderitaan itu datang dari segala sisi. Dari hal tersebut akan muncul dua hal, petama; tergerus oleh penderitaan, kedua; mengerus penderitaan itu sendiri. Mungkin ini lucu kedengarannya namun inilah dasar untuk terbebas dari penderitaan itu.

Dibawah ini, ada beberapa kata kolaborasi dari kata DERITA yang mungkin bisa menjadi pelajaran bagi anda, khususnya pada saya pribadi.

(D) Donatur

Mungkin ada sering mendengar kata donatur, donatur lebih didekatkan dengan orang-orang yang menjadi pendukung pertama dalam sebuah kegiatan, terutama masalah materi, sehingga kita lebih mengartikannya sebagai pemberi dana. Namun dalam kesempatan ini, pengertian donatur yang sama maksud adalah donatur secara universal, bisa diartikan dari segala sisi dan itu sesuai dengan keadaan pada masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang.

Donatur derita adalah wejangan yang memberi kita motivasi dalam hidup, baik dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, ketika menghadapi masalah serta yang lainnya. Sehingga kita kembali pada kodrat awal sebagai manusia yang bersifat sosial, saling membutuhkan satu sama lain. Oleh karena itu, disaat kita merasakan sebuah derita hidup, jangan pernah merasa sendiri, tidak ada yang peduli atau menganggap semua orang tak pernah ada ketika anda merasa sedih, mereka ada diwaktu senang saja. Hal tersebut hanya sebuah doktrin kehidupan yang tidak pernah terbukti kebenarannya.

“ilmu, tak masalah dari mana dia datang, karena yang terpenting adalah manfaat ilmu itu sendiri”

(E) Elastis

Elastis adalah suatu keadaan yang berubah-ubah atau sifat dan keinginan yang tak pernah konsisten (elastis) dan bisa saja kembali pada keinginan awal ketika merasa hal tersebut lebih baik. begitu juga dengan sebuah penderitaan hidup, tak pernah sama namun bisa saja terulang kembali,

“setiap detik perjalanan hidup itu berbeda, oleh karena itu jangan pernah merasa takut terhadap apa yang akan anda lalui”

“terkadang ketakutan akan menjadi kenyataan sehingga ketakutan akan menghilangkan kesempatan yang ada”

(R) Rasional

Berpikir rasional adalah salah satu kunci dalam menghadapi masalah, karena sejauh mana anda berpikir bijak dalam menanggapi masalah tersebut. Mendahulukan egois akan semakin melebarkan masalah, tak pernah selesai malah menjadi masalah yang akan menghalangi anda dalam meraih masa depan. Sehingga keadaan semakin terpuruk dan kacau yang disebabkan oleh masalah sepele.

Pepatah mengatakan “diem adalah emas”, emas bukan berarti menjadi nilai besar dalam mencukupi kehidupan namun bisa menjadi masalah besar dalam kehidupan ketika anda tidak memahaminya. Oleh karena itu berpikirlah rasional dan bertindaklah secara bijaksana agar tak menjadi masalah namun menjadi emas yang paling berharga yang pernah engkau temui dalam hidup.

“tujuan hidup akan tercapai tergantung bagaimana anda merencakan dan menjalankannya”

“kesempatan terbaik datang hanya satu kali” namun “kesempatan baik datang beribu kali”

(I) Ilustrasi

Orang yang belum pernah merasakan naik sepeda belum tentu bisa maksimal dalam menggunakan sepeda sebagai transportasi, begitu juga orang yang tidak pernah mengendarai sepeda atau motor harus belajar terlebih dahulu agar bisa mengendarainya, yang artinya bahwa apapun yang kita lakukan semuanya membutuhkan proses. Baik itu proses ringan maupun proses yang akan membuat anda merasa tertatih-tatih dan tidak bisa berkata apa-apa.

Itulah kehidupan, kehidupan yang tak semudah membalikkan telapak tangan dan tak semudah teori yang berbicara, namun membutuhkan beberapa rangkain agar menempati posisi yang empuk.

(T) Ttransisi

William Bridges mengatakan banyak orang terobsesi dengan perubahan. Namun, menurutnya, perubahan itu sendiri maknanya sangat dangkal. Bahkan, berubah secara fisik pun sudah dapat disebutkan sebagai perubahan. Namun, kenapa disebut istilah transisi? Karena menurutnya, transisi mengandung makna lebih mendalam, yakni bukan hanya sekadar fisik, tetapi juga emosional dan mental.

“belajar merasakan perbedaan akan membuat anda merasakan bagaimana nimatnya proses perbedaan itu (perbedaan dalam arti universal bukan hanya perbedaan agama)”

(A) Aklamasi

Aklamasi merupakan kemenangan mutlak dan tak ada yang berani melawan dalam perebutan kekuasaan tertinggi, aklamsi biasanya terjadi para organisasi-oragnisasi besar maupun kecil dalam pemelihan ketua. Namun aklamasi yang saya maksud disini adalah membebaskan diri dari segala bentuk kesedihan dan penderitaan hidup menuju perubahan yang lebih baik, dimana pelajaran-pelajaran yang telah berlalu menjadi pelajaran berharga.

Aklamasi dari sebuah kehidupan yang terpuruk, membungkus dengan rapi segala permasalahan yang buruk dan baik, diramu menjadi satu bagian dan menempatkan satu keputusan terbaik kemudian dijadikan sebagai patokan untuk merencakan masa depan yang lebih baik.

“hidup bukan untuk protes namun membutuhkan proses”

“aklamasilah diri anda dalam beribu masalah namun jangan pernah aklamasikan diri anda tanpa masalah”


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate