Friday, April 12, 2013

0 Belajar Berimajinasi N-Y-E-S-E-L




Jika hidup selalu diterpa dengan masalah, bahkan masalah yang dihadapi semakin bertubi-tubi, so pasti anda akan merasa lemah dan tak sanggup lagi dalam menghadapi ujian yang beruntun, namun ada saatnya kebahagiaan muncul sebagai obat dari penderitaan yang dialami. Yakinlah bahwa langit tak selamanya mendung. Awan kelabu pasti berlalu. Rasulullah saw seakan menghibur kita dengan sabdanya: Sesungguhnya orang beriman selalu berada pada dua keadaan. Jika dia mendapat nikmat maka dia bersyukur. Dan jika dia mendapat musibah maka dia bersabar dan ridha terhadap ketetapan Allah.

Seperti apa yang pernah saya uraikan dalam beberapa baris di artikel sebelumnya tentang menjadi tuan rumah yang baik terhadap tamu yang datang kerumah anda. Dengan berbagai cara anda menjamunya dengan baik, penuh sopan santun bahkan sampai anda memberikan oleh-oleh untuk dibawa pulang kepada tamu anda, sehingga anda merasa bahagia sama halnya juga tamu anda. Begitu juga dengan tamu kehidupan ini, berbagai macam tamu hadir sebagai suatu permasalah yang bijak ketika anda mampu melalui dan memahaminya. Begitu banyak sisi-sisi yang harus kita pelajari sebagai spirit kekuatan diri dalam melawan gejolak kehidupan yang kejam dewasa ini.




(N) Nyali

Kekuatan adalah segalanaya dalam menjalani hidup, kekuatan fisik, kekuatan jiwa, kekuatan hati, kekuatan akal dan kekuatan-kekuatan yang ada dalam diri anda. Tanpa adanya hal tersebut otomatis anda akan merasa lemah sebagai seorang manusia, itupun jika hanya sebatas kata lemah, bisa saja tanpa hidup semangat bisa melakukan hal-hal yang dilarang, baik itu bunuh diri dan lain sebagainya.

Banyak sekali artikel yang memberikan gambaran tentang melawan tantangan hidup dengan bijaksana, baik dari tingkatan para blogger maupun sampai professor. Hal ini menunjukkan bahwa begitu pentingnya menjaga kekuatan diri agar selalu mampu menjalani hari-hari dengan baik, bekerja keras, menjaga keluarga, mencari nafkah, serta hal-hal lain yang menjadi tanggungjawab dalam kehidupan ini.

Namun inti sederhananya adalah bagaimana anda memahami masalah itu sendiri, jika anda tidak mengetahui dan memahami masalah tersebut maka masalah akan semakin rumit, sama halnya dengan penyakit, jika obat yang diberikan salah maka akan berakibat fatal terhadap pasien.

“siang dan malam adalah penantang nyali terbesar dalam kehidupan ini”

Y) Yakin

“penyesalan akan menghilangkan keyakinan akan tetapi keyakinan akan mengurangi penyesalan”

“yakin adalah salah satu kunci keberhasilan”

“begitu sulit untuk yakin ketika dalam keadaan terpuruk namun begitu mudah untuk yakin ketika dalam keadaan tenang”

“salah satu monster penghacur dalam meraih masa depan adalah keyakinan, begitu juga sebaliknya”

“kejatuhan terbesar dalam diri seseorang ketika tidak ada kepercayaan ddidalam dirinya”

E) Emergency

Emergency (keadaan darurat) adalah sebuah kecerobohan yang dilakukan seseorang baik dengan sengaja maupun tidak sengaja. Sedangkan menurut Mr. Wiki Keadaan darurat atau dahulu dikenal sebagai staat van oorlog en beleg (SOB) yang dalam bahasa inggris disebut sebagai state of emergency adalah suatu pernyataan dari pemerintah yang bisa mengubah fungsi-fungsi pemerintahan, memperingatkan warganya untuk mengubah aktivitas, atau memerintahkan badan-badan negara untuk menggunakan rencana-rencana penanggulangan keadaan darurat. Biasanya, keadaan ini muncul pada masa bencana alam, kerusuhan sipil atau setelah ada pernyataan Perang.

“Kegagalan + penyesalan = api + minyak“

S) Solusi

Hidup selalu membutuhkan solusi, tergantung bagaimana permasalahan yang dihadapi “tanpa solusi, pergi aja ke laut”, dan saya yakin bahwa anda adalah orang yang cerdas dan selalu terbiasa dengan keadaan apapun. Sehingga membuat anda mampu menghadapi segala masalah yang menerpa walau bertubi-tubi, karena tak ada manusia yang bodoh untuk dilahirkan ke dunia ini, namun hanya saja manusia terkadang mengubur kekuatan yang ada dalam dirinya.

“kegagalan bukanlah harus dihadapi dengan tangisan dan penyesalan, let’s do it”

“Penyesalan hidup hanyalah sebuah warna-warni yang menghiasi, sehingga buatlah penyesalan itu berbuah kemenangan sejati”

E) Emansipasi

Emansipasi (perubahan) adalah sebuah bentuk perbedaan yang dihasilkan dari pergerakan atau pergeseran sehingga menghasilkan sesuatu yang berbeda (perubahan) dan perubahan akan menghasilkan karya terbaik yang belum pernah anda temui. Anda pasti merasa puas ketika melakukan sesuatu yang berharga bagi anda, saat anda berpikir merencanakannya, mengerjakannya, sampai pada satu titik kata yakni keberhasilan. Keberhasilan itulah yang merupakan suatu perubahan kearah yang positif.

“cara mencintai sebuah penyesalan adalah dengan merenungkannya dan segera bangkit dari keterpurukan”

“Penyesalan yang paling berharga ketika anda berbalik arah dari masalah tersebut”

L) Lemah

Saya yakin ketika anda menyesali suatu perbuatan yang anda lakukan, anda merasa lemah seolah-olah masalah tersebut tidak bisa anda selesaikan, misalnya; ketika anda sedang mempresentasikan suatu kegiatan luar bisa yang akan berjalan tiga minggu lagi, saat anda mempresentasikan hal tersebut anda telah gagal sehingga acara yang akan anda buat menjadi berantakan. Tentu saja seketika penyesalan muncul dalam pikiran anda sehingga anda merasa menjadi manusia yang lemah.

Ingatlah bahwa manusia tak ada yang sempurna, memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, yang tidak semerta-merta kekurangan dan kelebihan itu keluar secara bersamaan, dan digunakan dengan maksimal. Hambatan atau cobaan hanyalah sebuah penyemangat hidup untuk terus berlari menuju garis finis masa depan.

“bunga bisa menjadi salah satu perhatian seluruh dunia, apalagi anda ketika memiliki skill yang luar biasa”

“terkadang percaya pada diri sendiri adalah hal yang sulit namun siapa yang akan percaya pada anda kalau tidak mempercayai kemampuan anda sendiri”


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate