Sunday, January 26, 2014

0 Menyambut Pagi dengan Senyuman

Lokasi; Pantai KUKUP





Bagaimana sih cara menyambut pagi dengan senyuman dan penuh makna? Tentunya bagi anda yang penuh semangat, saat menjelang pagi adalah hal yang sangat dinanti, karena banyak aktivitas yang menanti dan menuntut untuk segera diselesaikan. Bahkan waktu sangat bermanfaat untuk digunakan dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi bagi anda yang malas, hal yang biasanya dilakukan adalah kembali menutup badan dengan selimut tebal dan tidur kembali. Pagi adalah pengganggu tidur yang nyenyak, seolah-olah pagi tak mau datang agar mimpi yang indah tak terpotong.

Semangat dan malas bangun pagi bukanlah hal yang perlu dipermasalahkan, hanya saja orang yang semangat dalam menyambut pagi lebih baik daripada orang yang malas; hari-harinya lebih bermakna dari pada orang yang malas dan semakin menutupi badannya dengan selimut tebal. Semangat dan malas hanyalah ditentukan oleh waktu yang berputar, kapan berhenti? Dan kapan berlanjut?, yang menjadi permasalahan krusial dalam hal ini adalah kebiasaan yang dilakukan dalam menyambut pagi yang penuh makna, kebiasaan baik akan berdampak baik, dan begitu juga sebaliknya.

Orang yang semangat dalam menyambut pagi memiliki banyak waktu untuk beraktivitas dan menyelesaikan pekerjaan dari pada orang yang malas, walau pada dasarnya waktu yang dibutuhkan memiliki jangka waktu yang sama untuk beristirahat, yakni delapan jam perhari. Namun, bagi orang yang sudah terbiasa bangun pagi, malam adalah waktu istirahat yang baik agar kelelahan terobati dengan sempurna. Apa saja yang didapatkan ketika kita bangun pagi dan penuh semangat? Secara sederhana, banyak hal yang kita dapatkan; mulai dari sholat shubuh terselesaikan, olah raga agar badan menjadi sehat, sarapan pagi, menyelesaikan pekerjaan dan masih banyak yang lainnya.

Orang yang malas bangun pagi sebenarnya bukan orang pemalas, namun hal tersebut karena terbawa oleh kebiasaan yang seharunya tidak dilakukan, pagi hanyalah waktu yang sederhana karena bagi orang yang malas bangun pagi tidak ada perbedaan sama sekali, malam dan pagi hanyalah waktu yang berbeda dan tergantung kapan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas. Orang yang malas bangun pagi biasanya mengganti pagi harinya menjadi malam (waktu istirahat yang tepat).

Melirik dua kata diatas (semangat dan malas) dalam menyambut pagi dengan senyuman dan penuh makna, saya memiliki beberapa tips buat sahabat-sahabat semua, tips ini mungkin pernah anda pelajari dan sudah basi, namun paling tidak tips yang saya tawarkan ini mengingatkan dan menggugah pola hidup kita menjadi lebih baik. adapun tips-tips yang saya tawarkan adalah sebagai berikut;

Pertama, Merubah Kebesiaan. Tentu saja kebiasaan adalah PR sederhana namun membutuhkan kepastian yang jelas dan sebuah komitmen yang kuat. tidak hanya membutuhkan satu atau dua hari namun untuk selamanya, demi hari-hari yang lebih baik dan bermanfaat serta berguna dalam menentukan sejarah baru dalam kehidupan anda. Walaupun merubah kebiasaan tidak membutuhkan biaya dan tenaga yang penuh, tetapi merubah kebiasaan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Kedua, Membuat Pengawas Atau Pengontrol. Tips kedua ini bukan berarti anda harus menyewa seseorang atau algojo untuk mengawasi atau mengontrol anda agar selalu bangun pagi, atau hal-hal yang lainnya. Membuat pengawas atau pengontrol dalam merubah kebiasaan tentu saja bisa menggunakan atau memanfaatkan berbagai macam cara, cara sederhana yang biasa dilakukan dewasa ini adalah menghidupkan alarm. Akan tetapi salah satu yang menarik untuk dilakukan untuk mengontrol diri anda adalah orang yang anda cintai (kekasih), cobalah diskusi dengan kekasih anda tentang berbagai persoalan yang anda hadapi. Hal ini, selain untuk melengketkan hubungan anda, kekasih anda juga memiliki pekerjaan atau sebuah tanggungjawab terhadap masa depan anda berdua.

Saling memanfaatkan dalam hal-hal yang postif dan produktif akan semakin membuat anda mengerti akan pentingnya kehadiran sang kekasih dalam kehidupan sehari-hari. Kekasih anda akan lebih mengerti anda secara mendalam, kekasih anda akan merasa diperhatikan dan betul-betul ada dalam kehidupan anda, serta hal-hal yang lainnya. namun, tidak hanya sebatas itu saja, masih banyak cara yang bisa jadikan sebagai pengntrol atau pengawas hidup kita semua, sesuai dengan ketertarikan anda, karena hal tersbeut menentukan keberhasilan anda dalam merubah kebiasaan yang anda inginkan.

Ketiga, Fokus. Memfokuskan diri pada sesuatu yang diinginkan adalah hal yang bisa merubah kebiasaan anda, fikus pada permasalahan-permasalahan yang selama ini menghilangkan berbagai macam momen yang menarik yang ditawarkan pagi hari.

Keempat, Membuat Rencana. Bagian yang keempat ini adalah bagian kedua yang paling penting untuk dilakukan, merencanakan setiap detik dalam perjalanan hidup guna perubahan yang anda inginkan, meskipun Tuhan lah yang menentukan setiap detik perjalanan kita. Akan tetapi yang perlu kita sadari adalah usaha dan do’a, karena hal tersebut akan membuat kita merasa lebih ringan dalam menjalani setiap langkah ke depan. Membuat rencana tidak hanya dengan memikirkan apa yang akan kita lakukan setiap hari, hal lain yang biasa dilakukan adalah membuat jadwal kegiatan sehari-hari sesuai yang diinginkan.

Jadwal yang akan memperingati kita bahwa inilah yang harus dilakukan atau dikerjakan dalam setiap jam, tentu saja hal tersebut seolah-olah tidak wajar bagi anda, karena yang menentukan hidup anda adalah anda sendiri, bukan jadwal yang anda buat. Akan tetapi tidak ada salahnya ketika anda ingin mencoba memahami arti dari sebuah jadwal yang anda buat. Tahukan anda apa yang harus kita pahami didalam diri kita yang paling dasar? Hal yang paling dasar yang harus kita sadari bahwa adanya sebuah sistem didalam diri kita, sistem yang mengatur segala sesuatu yang kita lakukan.

Sistem tersebut adalah adanya sang raja dan budak; yang menjadi raja adalah fikiran kita, dan yang menjadi budah adalah seluruh bagian tubuh yang kita miliki. Ketika dua hal ini bertabrakan satu sama lain dalam menentukan sikap, maka kesalahan dan kekecewaan yang akan kita dapatkan. Oleh karena itu, antara raja dan budak harus seimbang dan saling mengerti satu sama lain agar apa yang kita inginkan menjadi mudah untuk kita dapatkan.

Kelima, evaluasi. Evaluasi adalah salah satu yang akan menentukan apakah apa yang anda lakukan sudah berhasil atau tidak, jadi evaluasi merupakan sesuatu yang anda butuhkan. Tidak hanya untuk merubah kebiasaan yang buruk atau hal-hal besar yang sedang anda lakukan. Belajarlah untuk mengevaluasi diri dalam setiap pekerjaan yang anda lakukan. Baik itu terencana maupun yang tidak terencana.



Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate