Thursday, November 28, 2013

0 Proses Hidup 'Jasmerah'




 Sumber Gambar; luhemik.wordpress.com



Proses merupakan sejarah yang sudah berlalu, sedang berlalu dan akan berlalu, baik yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan sema sekali. Mengenali proses bak ‘jasmerah’ yang pernah diucapkan oleh soekarno, ungkapan yang masih ternyiang ditelinga kita tentang arti sebuah perjuangan yang tidak boleh dilupakan. Terkadang, saya, anda, kita semua lupa akan proses yang pernah kita lalui, dikarenakan dengan berbagai macam benturan yang kita hadapi. Baik itu, benturan yang bersifat pribadi maupun benturan yang bersifat Tamu Allah. Walau proses tersebut masih teringat jelas namun kita enggan untuk mengingatnya dan menjadikannya sebagai sebuah vitamin murni untuk melangkah lebih baik.

Ketika waktu terus berjalan, tentunya kita tidak menginginkan kesia-siaan, karena akan berdampak pada penyesalan, dimana kesia-siaan akan menjadi virus yang terkadang mematikan bagi diri kita sendiri. Sekali lagi, proses merupakan mobil pengantar yang siap mengantar kita kearah tujuan yang kita inginkan. Senantiasa memberikan pengalaman-pengalaman baru dengan kondisi yang baru pula, apalagi setiap proses memiliki makna tersendiri jika kita mengingatnya dikala menempuh garis pinis. Ketika proses mengantar kita pada kegagalan, maka akan ada amarah atau emosi yang akan keluar. Namun ketika proses mengantarkan kita ke masa depan yang lebih baik, maka rasa syukur adalah hal yang utama yang kita rasakan.

Ketika Edgar Allan Poe menjelang kematiannya mengatakan ‘Tuhan, tolonglah jiwaku yang malang’ tentu ada proses yang dialaminya hingga harus berkata demikian, apalagi hidup Poe tergolong penuh misteri dan gejolak. Dan, misteri tentang Poe ini sebagian diciptakan oleh dirinya sendiri. Berbeda lagi dengan kata Socrates, ‘Crito, aku berutang seekor ayam pada Asclepius. Maukah engkau membayar utangku itu?’. Hutang tetaplah hutang yang harus dipertanggungjawabkan, demikian ending dari proses yang dialami oleh Socrates, dimana, kata-kata ini diucapkan sebelum kematiannya (saat sakaratul maut). Bagaimanakah ending proses yang akan anda alami? Bersiap-siaplah sebelum kesiapan anda tidak ada sama sekali.

Selain itu, proses merupakan bagian hidup yang tidak bisa dipisahkan, proses akan terus berjalan bersama kita tanpa henti walau kita ingin menghentikannya. Misalnya; ketika anda merasa jenuh dan bosan dengan ketidakadilan yang anda dapatkan, mungkin kematian adalah salah satu solusi yang mungkin anda pikirkan. Pertanyaannya adalah apakah proses anda akan berakhir? ‘tidak’. Walaupun anda meninggalkan dunia ini, proses yang anda lalui akan menjadi kenangan yang berharga maupun tidak berharga bagi orang lain, baik itu untuk keluarga, saudara maupun orang lain. Winston Churchill misalnya, seorang ahli strategi, orator, diplomat, dan politisi, keahliannya ini menjadikannya sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah dunia. Namun ketika menjelang kematiaannya ‘sakaratul maut’, dia mengatakan ‘saya bosan dengan semua ini’

Bagaimanakah proses yang anda alami? Mari kita berbagi cerita kepada orang lain agar proses yang pernah kita alami, baik pahit maupun manis bisa dipetik menjadi pelajaran bagi orang lain.


Sumber Gambar; www.ininana.com 



Goodluck for you
Semoga Proses Hidup Yang Kita Jalani Senantiasa Menjadi Vitamin Dalam Menjalani Hidup Sehari-Hari.


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate