Thursday, September 5, 2013

0 PKD PMII UIN YOGYAKARTA






Teras Depan

Masa lalu adalah telah menjadi sejarah, masa yang akan datang akan menjadi sejarah yang berlalu pula, namun akankah kita masih bisa melihat masa yang akan datang? Tentunya kita tidak akan pernah tahu karena Allah-lah yang berkehendak akan hal tersebut. “ikhlaskan masa lalu dan jangan sia-siakan masa yang akan datang”, mengambil hikmah dari masa lalu adalah salah satu yang harus kita lakukan sebagai pelajaran untuk menjalankan masa sekarang dan masa yang akan datang.


Rasa syukur kepada Allah SWT adalah hal pertama yang aku lakukan, bersyukur karena diberi kesehatan dan kesempatan untuk terus melanjutkan studi. Dan Alhamdulillah saat ini saya sudah menjadi keluarga besar pascasarjana uin sunan kalijaga Yogyakarta, Prodi Interdisciplinary Islamic Studies dengan konsentrasi Pekerjaan Sosial (Peksos) pada gelombang pertama. Pada orientasi ini, banyak hal baru yang aku temukan, terutama bertatap muka walaupun tidak dekat dengan salah satu profesor UIN SUKA, yakni Khoirudi Nasution dimana membahas tentang “Peran Pendidikan Melahirkan Orang Sukses”.

Pra-Orientasi Studi


Sebelum pelaksanaan orientasi studi, saya bersama sahabat seperjuangan, yakni; Ridho, Tayib, dan Saprin serta teman-teman baru, duduk di depan program pascasarja sambil menikmati rokok dan menunggu acara dimulai, kebetulan kami datang lebih awal karena takut terlambat. Saat bersamaan, saya melihat sebuah spanduk besar yang tidak tabu lagi, bahkan sangat melekat di dalam diri saya, yakni spanduk PMII. Sebuah spanduk yang menandakan sedang pelaksanaan Pelatihan Kader dasar (PKD). Seketika itu, saya teringat dengan apa yang pernah saya lakukan waktu menjadi ketua PMII Komisariat IAIN Mataram pada tahun 2011-2012.

Dalam hati, ingin rasanya berkenalan dan melihat acara yang diadakan oleh sahabat-sahabat PMII UIN SUKA. Setiap kali saya melihat spanduk itu, ada rasa panggilan, panggilan untuk kembali menjadi kader yang aktif seperti dulu. Namun kenyataannya, menjadi kader yang aktif lagi sudah tidak bisa saya lakukan, terkait dengan kuliah yang akan saya jalani. Karena informasi yang saya dapat, kuliah s2 tidak seperti s1, sibuk dan tidak bisa menunda-nunda waktu.

PKD yang diadakan oleh sahabat-sahabat PMII UIN SUKA, membuat memori sejarah dulu teringat kembali, sebuah Pelaksanaan PKD yang saya adakan di PONPES NU Al-Manshuriyah Ta'limusshibyan yang dikelola oleh Drs. TGH. Ahmad Taqiudin Masyur. Pada pelaksanaan PKD tersebut, banyak kenangan manis yang saya dapatkan, terutama pembelajaran mengenai bagaimana pentingnya kesuksesan dalam melaksanakan acara, terutama pada materi-materi yang kami suguhkan kepada para peserta PKD. Selain itu, masalah-masalah internal yang memberikan kedewasaan dalam menyelesaikannya, sehingga para ketua dituntut lebih bijaksana, baik dalam bertindak maupun berkata serta memiliki kualitas intelektual yang cukup mumpuni agar mampu membawa PMII menjadi yang lebih baik.

 

Namun apa yang ingin saya tanamkan ketika PKD lalu, hanyalah sebuah cermin yang retak dibalik wajah yang kusam, seperti halnya “niat yang baik belum tentu dipandang baik, begitu pula sebaliknya”. Namun PKD waktu itu menjadi sebuah kenangan yang indah yang pernah saya lakukan ketika menjadi ketua PMII Komisariat IAIN Mataram.

Tangan Terkepal dan Maju Kemuka


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate