Thursday, June 13, 2013

0 Lombok Tengah Maju Terus



Kehadiran Bandara International Lombok menjadi salah satu icon perubahan besar bagi kabupaten lombok tengah, perubahan itu pun mulai terlihat sejak pembangunan jalan bertaraf international, jalan panjang yang menghubungkan lombok tengah dengan lombok barat karena kedua kabupaten ini adalah tetangga dekat. Apalagi suplai air berasal dari lombok tengah, yakni bedungan batujai dan bendungan pengge (darek), tidak hanya itu, pemandangan jalan yang menuju BIL juga sudah berubah, perencanaan-perencanaan yang belujm dimulai dan sudah berjalan sudah terlihat, rumah-rumah makan besar yang berdiri disekitar BIL.

Perubahan inilah yang kini disadari betul oleh warga masyarakat lombok tengah untuk memulihkan perekonomian, baik secara perorangan maupun kelompok. Selain keyakinan operasional, reproduksi ekspektasi juga sangat massive. Dalam bayangan publik, BIL beroperasi, maka efek yang dihasilkan akan luar biasa dan langsung terasa. Lapangan kerja tidak akan lagi sulit. Bisnis pun akan lancar. Bahkan BIL juga berpengaruh terhadap aspek religiusitas masyarakat, khususnya terkait dengan ibadah haji.

Ekspektasi warga ini juga bisa dilihat dari ramainya warga yang berkunjung ke proyek ini, haya sekadar untuk bisa menyaksikan megaproyek yang diimpikan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini. Ekspektasi masyarakat ini tentu bukan hal yang negatif. Ekspektasi ini tentu modal sosial yang besar bagi pemerintah, sehingga ekspektasi ini tidak hanya ada dalam pikiran, tapi hadir seperti hujan yang membasahi bumi.

Kendati demikian, nilai produktif yang diciptakan oleh kehadiran bandara international lombok ini, masih banyak masyarakat yang belum memahami secara keuntungan ekonomi, mereka hanya tahu bahwa BIL merupakan sebuah tempat fasilitas penerbangan menuju daerah lain atau Negara lain. Namun bagi generasi muda, sudah tentu memahami dan menyiapkan diri untuk menjaga daerahnya agar tidak diduduki oleh orang lain, dalam arti putra daerah harus diutamakan agar tidak menjadi beban yang harus menjadi penderitaan daerah, bukan rakus akan kekuasaan atau tidak memberikan kesempatan bagi daerah lain untuk mencari kehidupan atau penghasilan.

Semoga saja, BIL terus mendongkrak perekonomian masyarakat lombok tengah kedepannya, sehingga tidak ada lagi yang namanya, gak bisa berobat karena tidak punya uang, tidak ada lagi generasi muda yang putus sekolah, tidak ada lagi warga yang miskin, tidak ada lagi busung lapar dan lain sebagainya.



Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate