Saturday, June 15, 2013

1 Arti Dari Sebuah Pemimpin Yang Baik

Ilustrasi Gambar; andytri.wordpress.com


Menjadi seorang pemimpin sejati baik dalam kehidupan bernegara, bermasyarakat dan dalam sebuah hubungan rumah tangga bukanlah mudah, banyak hal yang harus dipelajari dan dipertimbangkan setiap langkah yang dijalani, dikarenakan banyak tantangan-tantangan yang harus dilewati dan diselesaikan dengan semaksimal mungkin demi menjaga popularitas diri terhadap yang dipimpinnya. Sejauh mana seorang pemimpin berhasil bisa dilihat dari seberapa besar orang yang mendukung, menyanyangi, perhatian da lain sebagainya. pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang mampu berkerja sama dengan Negara-negara luar namun tidak senenagi, diperhatikan, disanyangi oleh rakyatnya, namun pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berguna bagi rakyatnya sehingga rakyat merasa selalu berharap dan memberikan dukungan penuh serta rakyat merasa sejahtera walau dalam kehidupan sederhana.

Untuk menjadi seorang pemimpin, pemimpin harus benar-benar mengetahui arti dari seorang pemimpin, bukan asal-asalan paham tehadap arti pemimpin (universal). Ada beberapa hal yang krusial yang harus dipahami, yakni; pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menjaga amanah dengan baik, berprilaku adil dalam bertindak, berkomunikasi dengan jujur dalam setiap pesan yang disampaikan.

PERBANDINGAN


dalam blog ini membahas tentang langkah menjadi pemimpin yang baik, dan inilah langkah-langkah yang dibahas dan mungkin akan member arti dan manfaat buat anda.

 1.      Membuat orang lain nyaman untuk terus terang,
2.      Mengambil keputusan,
3.      Komunikasikan target,
4.      Menantang orang untuk berpikir,
5.      Dapat diandalkan,
6.      Memberi contoh,
7.      Mengukur dan menghargai kinerja,
8.      Senantiasa memberi masukan,
9.      Bongkar-pasang tim dengan benar,
10. Bertanya dan mencari nasihat,
11. Mengatasi masalah, tanpa menunda,
12. Energi dan perilaku positif,
13. Menjadi guru,
14. Memperkokoh hubungan,
15. Menikmati tanggung jawab.


Seperti yang diungkapkan oleh andi Abdi Abdullah dalam sebuah artikel tentang tidak mudah menjadi seorang pemimpin disebuah blog miliki pribadinya ini menjelaskan bahwa setiap kita tentunya sering kali menilai, mengkritik atau kadang bahkan menghujat PEMIMPIN yang ada saat ini, entah itu ketua RT, Camat, Wali Kota, Menteri dan bahkan Presiden. Kita tidak pernah sadar bahwa sesungguhnya kta adalah pemimpin juga, pemimpin dari orang orang yang ada di sekitar kita, anak buah kita, atau keluarga kita, bahkan yang terkecil pemimpin bagi diri kita sendiri.

Tak mudah menjadi Pemimpin yang baik, karena pemimpin bukanlah sekedar orang yang memberikan perintah, bukan pula orang yang harus ditakuti atau di ikuti. Pemimpin adalah orang yang mampu merajut harmonisasi dari yang di pimpinnya hingga mampu bekerja sama untuk meraih cita cita bersama. Banyak kasus sebuah kelompok, organisasi atau perkumpulan berisi orang2 dengan perbedaan keinginan pendapat dan cara pandang yang berbeda beda, ini berakibat munculnya banyak konflik. Hal kecil dan sederhana kadang menjadi masalah besar, perbedaan yang tidak pelru di tonjolkan akhirnya mengganggu perjalanan kepemimpinan yang ada. Tidak mudah untuk bisa segera menyelesaikan konflik demi konflik yang ada karena seringkali masalah muncul pada saat yang tidak tepat.


Dengan pemahaman yang beragam, dengan pendidikan yang tidak sama, dengan isi kepala yang berbeda maka akan sangat sulit buat seorang pemimpin untuk bisa memenuhi seluruh harapan anggota, karenanya dibutuhkan ide kreatif, kesabaran, kebijaksanaan dan tentu saja dukungan dari semua pihak agar seseorang bisa sukses menjadi seorang pemimpin. Nah setelah tahu betapa susahnya menjadi seorang pemimpin mulai sekarang yuk, kita biasakan untuk membantu memberikan solusi ketika melihat pemimpin kita sedang kesulitan atau salah dalam mengambil keputusan, janganlah menjadi orang yang pandai menunjukan kesalahan tapi tak pernah bisa melakukan perbaikan.  Jadilah bagian dari pengerak organisasi dari pada sekedar troble maker, jadilah bagian kesuksesan bersama dari pada kemenangan atau sanjungan tapi menimbulkan sakit hati di pihak lain.


Ilustrasi Gambar; www.merdeka.com




1 comment

June 18, 2013 at 8:35 AM

menjadi pemimpin sesuai harapan dan keinginan publik, memang tidak sepenuhnya bisa tercapai. sebab untuk menciptakan kepemimpinan yang baik, harus didukung dengan mitra, prodak hukum dan kesadaran dari masyarakat, sebagai orang yang dipimpin juga. Mengkritik kebijakan, tidak semudah menjalankan kebijakan. sama halnya menjalankan nasehat jelas tidak semudah memberikan nasehat.

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate