Thursday, March 14, 2013

0 Facebook = Komuniasi Efektif


Setiap membuka FB, aku selalu mencoba mengintip setiap status temen-temen facebooker, berbagai macam status pun tersebar dan dibaca oleh ribuan orang yang ada, Sungguh aneh, lucu namun memberi imajinasi bagi ku, sebuah status yang berbagai macam, baik dari sedih, senang, galau, puisi, do’a, lagi kasrmaran, status hubungan, ucapan selamat, motivasi dan lain sebagainya, sehingga tertulislah, aku bisa menulis sebuah tulisan sederhana diblog rantauan lombok menulis (RLM) tentang status-status yang ada. Banyak hal yang bisa aku dapatkan, banyak hal yang bisa aku temukan dan banyak hal yang bisa menjadi tulisan yang berguna dan bermanfaat bagi saya, terutama belajar dari status tentang segalanya.

Facebook bukan hanya sekedar dibuka, dilihat dan menulis status bagi ku, namun lebih dari itu, mengambil manfaat dari kata-kata galau, sedih, bahagia dan lainnya adalah hal yang menarik aku lakukan demi mendapat makna yang tersembunyi dan menggalinya menjadi pelajaran berharga untuk diaplikasikan dalam menjalani hubungan, mendapatkan masa depan dan sebagainya. Sehingga status ku selalu online setiap hari dan pacar ku pernah bilang sama saya “hani, jangan Online terus dong? nanti aku cemburu! Hehehe…”

Berbagi status agar orang-orang terdekat dan orang yang paling kita sayangi memang penting bagi kita, karena dengan itu, keadaan dan kondisi kita saat ini bisa diketahui oleh orang lain sehingga mereka menyadari akan apa yang kita rasakan. Apalagi membagi kisah dan pengalaman menarik yang kita lalui walau hanya lewat sebuah gambar (simbul) adalah hal yang menarik untuk dilakukan, bahkan ketika kita ingin memberikan kebahagiaan yang terdalam bagi orang yang paling kita sayangi, dengan ungkapan-ungkapan sayang, kangen, cinta dan lainnya.

Saat ini, paling banyak status yang aku temukan adalah “status galau” sebuah status yang menggambarkan kesedihan karena ditinggal, lagi marah-marahan, gak pernah dihubungi, ditinggal selingkuh sampai pada kerinduan tingkat tinggi. Status-status ini bagi ku sangat bermakna dan sulit untuk dilewatkan, bukan berarti ingin mengintip atau yang lainnya namun begitu menarik untuk saya pelajari sebagai “symbol kemunikasi dunia maya lewat facebook”. Komunikasi secara sederhana adalah suatu proses penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan, baik itu pesan, ide, gagasan dan yang lainnya.

Simbol-simbol komunikasi pun beragam, ada yang tertawa, menangis, mengejek, berkedip, tersenyum, sedih dan lainnya. Simbol-simbol itu kemudian diterima secara langsung oleh para pengguna facebooker dan menggunkannya sesuai dengan apa yang dirasakan dan apa yang dirasakan oleh lawan berkomunikasi, disisi lain, simbol itu juga digunakan dalam berbagai bentuk, mengejek orang padahal tidak ada masalah sama sekali, memberi simbol sedih padahal lagi bahagia, memberi simbol tersenyum padahal lagi galau. Apakah ini yang dinamakan simbol komunikasi kontrakdiktif?

Salah satu yang paling menarik bagi saya adalah facebook bukan hanya sekedar memberikan pasilitas kepada seluruh pengguna namun facebook adalah salah satu yang mengetahui kondisi setiap pengguna, tanggal lahir, alamat, nomor HP, keinginan, arah tujuan orang, bagaimana orang tersebut, sudah pergi kemana, dengan siapa dan lainnya yang tidak bisa dilakukan oleh manusia itu sendiri, padahal facebook dibuat oleh manusia. Namun inilah dunia saat ini, dunia yang hampir instan disediakan oleh orang-orang hebat untuk digunakan sebagai kebutuhan hidup saat ini.

Kalau seandainya pemerintah mewajibkan seluruh rakyat indonesia yang sudah memiliki hak pilih (dibawah umur tidak berhak) menggunakan FB seperti yang sudah dilakukan dalam pembuatan E-KTP maka begitu hebatnya facebook sebagai alat komunikasi dalam pemilihan umum baik tingkat Presiden sampai tingkat RT, sebuah trobosan baru dalam pemilihan umum dengan menggunakan teknologi sebagai tempat pencontrengan pemilihan presiden, dengan satu syarat bahwa setiap warga Negara indonesia yang sudah memiliki hak pilih dalam memilih maka tidak boleh membuat facebook dengan berbagai macam, hanya boleh membuat satu facebook. Dengan pendataan yang kuat dan pengawasan ketat dari pemerintah terhadap hal tersebut. Selain itu dalam pembuatan harus menggunakan E-KTP sebagai identitas dalam pembuatan tersebut.

Toh juga saat ini, masyarakat indonesia tidak semua menggunakan hak pilihnya secara langsung, padahal sudah disediakan dan dimobilisasi oleh pemerintah dengan berbagai macam, namun masyarakat masih saja tidak menggunakan hal pilihnya sebagai warga Negara indonesia yang baik dan benar, padahal suaranya sangat menentukan nasib daerahnya lima tahun mendatang.

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate