Sunday, March 3, 2013

0 Catatan Ku Hari Ini "SABAR"

Berpikir positif dan selalu mengambil hikmah dari apa yang kita lakukan dan kita dapatkan, entah itu adalah kesalahan yang kita lakukan maupun hal-hal yang negatif yang dilakukan oleh orang lain terhadap kita. Mungkin, gak akan terasa apa-apa apabila kita sendiri yang melakukan kesalahan, namun akan terasa berat jika orang lain melakukan hal-hal negatif terhadap kita? Sulit dan tak dapat dimaafkan, apalagi ketika emosi dah tinggi maka apapun bisa kita lakukan untuk membalas perbuatan orang tersebut. Saya rasa tak ada salahnya jika kita berbuat seperti itu jika orang tersebut telah berlebihan dan saya nyakin bahwa pembaca juga sependapat dengan saya. Namun pembaca mungkin kurang sependapat jika saya mengatakan bahwa teruslah berpikir positif dan mengambil hikmah dibalik itu semua, karena Allah mungkin punya rencana yang lebih baik dari masalah yang kita hadapai.

Kenapa sih saya, anda dan kita semua harus berpikir positif?
1.      Mengalahkan syaitan yang ada dalam diri kita.

Bagaimana sih rupanya syaitan (ayooo…siapa yang sudah melihat rupanya?) apakah seperti yang digambarkan oleh manusia? Berbentuk menyeramkan dan membuat kita takut kepadanya? Sehingga kita harus tunduk dan mengikuti bisikan jahat yang akan membuat kita berpaling dari Allah SWT. (benar atau tidaknya, itulah gambaran).
Ketika anda sudah mampu berpikir positif dan selalu mengambil hikmah dari masalah yang dihadapi, maka syaitan akan semakin gencar dalam menyerang (melalui bisikan halus dan menyesatkan) kita. Apalagi Allah akan semakin memberikan cobaan yang berat kepada kita namun cobaan itu sesuai dengan kemampuan kita. Yang jelas bahwa manusia lebih baik dari segala mahluk yang ada jika menuruti kehendak syaitan maka manusia lebih rendah derajatnya dari pada hewan.
Mengajarkan diri berpikir positif berarti anda sudah membiasakan diri untuk berbuat baik, kalau kata orang-orang “kebiasaan adalah hal yang paling sulit ditinggalkan” jadi, jika anda seperti itu maka syaitan sudah ada bisa kalahkan dari diri anda serta petunjuk Allah SWT akan selalu datang untuk anda.

2.      HUBUNGAN SESAMA MANUSIA (HABLUM MINANNAS).

Kalau masalah ini, saya nyakin 1000% bahwa anda sudah paham mati dan tidak ada sedikit keraguan bagi saya. Namun tak ada salahnya jika saya memberikan gambaran sedikit tentang masalah ini. hubungan ini sangat penting bagi kita semua, sebuah hubungan yang akan mengantarkan kita dalam tahap yang lebih baik lagi, karena tanpa orang lain kita tidak bisa melihat diri kita sendiri, sejauh mana kelebihan dan kekurangan yang kita miliki.
Hubungan ini pun, saya rasa menjadi penentu kadar ketakwaan kita kepada Allah SWT karena tak ada satupun hamba Allah yang membenci kita (jika itu yang terjadi) sehingga orang lain selalu menyebut kebaikan yang kita lakukan dan kita selalu bersyukur akan hal tersebut, orang-orang akan menjadi saksi yang jujur tanpa ada kebohongan diakhirat nanti. Saya rasa bahwa ini adalah keinginan kita semua dan semoga Allah selalu memberikan nikmat dan rahmatNya kepada kita semua.

3.      Menguji kesabaran agar Allah SWT memberikan ketenagan batin dan jiwa kepada kita.

“kesabaran juga punya batas bro” kata-kata yang selalu aku dengar ketika orang sedang marah, emosi tinggi karena apa yang dia lakukan tidak dianggap benar oleh orang lain dan sebagainya. Apalagi ketika pacaran, sang cowok mapun sang cewek sudah tidak sanggup menghadapi pasangan masing-masing maka kesabaran itu pasti akan hilang sehingga mengatakan “kesabaran ku sudah hilang, jadi maafkan aku jika harus meninggalkan mu.” Hehehheh…
Kembali lagi pada pokok permasalahan, yakni menguji kesabaran kita pada masalah kecil maupun besar yang kita hadapi, apakah kita akan mampu bertahan? Atau kalah dengan syaitan? Dan itu semua tergantung bagaimana kesabaran kita menghadapinya. Jika kita mampu sabar dan mengambil hikmah dari itu semua maka nilai derajat kita sebagai manusia akan kembali pada hakikinya, yakni lebih mulai dari segala mahluk yang diciptakan oleh Allah SWT. Sehingga Allah akan memberikan ketenangan batin dan jiwa kepada kita semua.

4.      Mendapatkan keridho’anNya.

Orang yang menang adalah orang-orang yang diridhoi oleh Allah SWT, baik dari tingkat kesabarannya dalam menghadapi masalah maupun tingkat ketakwaannya, so…, keridho’annya lah yang sesungguhnya kita inginkan dan tidak ada satupun orang yang tidak menginginkannya. Semoga Allah SWT ridho akan perjalanan hidup kita dan selalu memberikan petunjuk yang lurus agar perjalanan hidup kita tidak tersesat.

5.      Kebahagiaan akhirat.

Dan yang satu inilah yang kita nanti-nantikan sebagai balas kesabaran dan ketakwaan yang kita miliki. Tak ada orang yang mau sakit, tak ada orang yang mau tersiksa dan tak ada orang yang mau celaka, namun itu semua tergantung bagaimana kita menjalani hidup ini? kita hanya numpang melihat dunia ciptaanya dan akan kembali menjelaskan bagaimana bentuk dan perbuatan kita terhadap dunia ciptaanNya.


Dari Anas RA ia berkata: “Aku mendengar Rasulullah  bersabda: “Sesungguhnya Allah  berfirman (hadist Qudsi) “Bila Aku memberi cobaan kepada hamba-Ku dgn kedua yg dicintainya (kedua matanya) & dia tetap sabar, maka Aku ganti kedua yg dicintinya (kedua matanya) dgn syurga.” HR. Bukhari. (diriwayatkan oleh Bukhari)


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate