Tuesday, June 2, 2015

0 Cinderela Pergerakan..., Bangkitlah!!!



Dalam sejarah, cinderela pergerakan memainkan peranan penting dalam menopang kemajuan organisasi. Lahirnya KOPRI adalah bukti sejarah betapa sang cinderela pergerakan menjadi inspirator pemersatu. Dengan spirit membangun persatuan, mereka mampu mematahkan gagasan kesatuan organisasi sebagai gagasan teori. Dalam organisasi, perubahan juga dikendalikan sang cinderela pergerakan, sebab mereka diyakini memiliki gagasan-gagasan yang cemerlang, brilian, dan luar biasa dalam menyusun perubahan sehingga lebih cepat menangkap semangat perjuangan.

Cinderela pergerakan hingga kini menjadi jantung pembaruan organisasi. Kiprah dan keikut sertaan sang cinderela pergerakan dalam segala sektor diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam membangun organisasi yang saat ini berada dalam krisis moral. Semangat perubahan cinderela pergerakan harus tetap berjalan dan tertanam sebab, dalam kondisi apapun cinderela pergerakan berpotensi menjadi penyeimbang sistem atau semacam kontrol dalam organisasi. Inilah peran sang cinderela pergerakan yang slalu dinantikan organisasi.

Rentangan tidak selamanya berjalan dalam garis yang lurus, begitu juga dengan gerak sang cinderela pergerakan yang senantiasa berada dalam gerakan yang bimbang. Terkadang berada dalam garis yang progresif dan menanjak, tetapi juga tidak jarang mengalami masa-masa kritis. Jika kondisi cinderela pergerakan mengalami kondisi kritis, ini menandakan tantangan makin besar. Ada sistem yang tidak berjalan yang cendrung memperlemah peran dan kekuatan cinderela pergerakan sebagai agent of change dan agen of control.

Kini, eksistensi cinderela pergerakan sebagai penerus generasi untuk masa mendatang kian lumpuh dan rapuh. Pandangan tersebut ditopang oleh kenyataan bahwa cinderela pergerakan dominan terjerembab dalam prilaku yang tidak lagi produktif. Wacana organisasi menjadi wacana praksis yang populer di kalangan cinderela pergerakan. Mereka larut dalam kebanggaan budaya luar yang mengikis semangat berorganisasi. Kepedulian terhadap organisasi tidak lagi mewarnai prilaku cinderela pergerakan. Akhirnya semangat perjuangan dan perubahan hilang dari prilaku sang cinderela pergerakan.

Kendati  demikian, wacana menghimpun kembali kekuatan cinderela pergerakan yang tidak hanya berserak perlu dilakukan. Peran cinderela pergerakan harus dikembalikan. Jika tidak, martabat, moral, dan keberlangsungan organisasi akan dipertarungkan masa kini dan akan datang. Lantas, jika cinderela pergerakan masih dihiasi oleh prilaku yang tidak lagi produktif dan apatis akan kondisi organisasi maka, organisasi tidak hanya dipandang sebelah mata, tetapi juga akan digilas oleh kekuatan-kekuatan dari luar.


INTIM 02

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate