Friday, July 5, 2013

0 Sambut Puasa Dengan Hati dan Jiwa yang Tenang

Ilustrasi Gambar; okeshared.com


Manusia adalah mahluk atau hamba Tuhan yang dijadikan sebagai khalifah dimuka bumi ini, dijadikan sebagai mahluk yang sempurna dan spesial dari mahluk Tuhan yang lainnya. Mahluk-mahluk yang lainnya dijadikan sebagai pengawas dan pembantu kehidupan manusia, tentunya hal tersebut hanya berlaku ketika manusia masih bisa bernafas, seperti; tumbuhan dan hewan sebagai makanan dan obat bagi manusia, malaikat sebagai pencatat amal manusia dan iblis serta syaitan sebagai pengganggu atau perusak akhlak manusia, sehingga sudah jelas bahwa manusia begitu mulia dan sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT.

Kesempurnaan dan kespesialan manusia pun tidak semesta-merta utuh dan mulia namun perlu diuji agar derajat yang diberikan oleh Allah menjadi nyata dan dipertanggungjawaban, hal inilah yang kemudian menjadikan syaitan dan para sekutunya memilih untuk menjadikan manusia rusak serta menjadi pengikut yang abadi bagi mereka. Namun dibalik kegigihan syaitan dan sekutunya, Allah selalu Maha Pemurah dan Maha Pengampun. Ketika hambanya bertaubat dengan sungguh-sungguh (taubat nasuha) maka Allah SWT akan mengampun segala dosa yang telah dilakukan, yang artinya manusia masih bisa memperbaiki diri agar gelar yang dikasih tetap dapat dipertahankan.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, satu-satunya bulan yang diwajibkan bagi umat muslim untuk berpuasa sebulan penuh, karena pada bulan ini, (bulan Al-Qur’an), karena pada bulan inilah Al-qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, kitab-kitab suci yang lain: Zabur, Taurat, dan Injil, juga diturunkan pada bulan yang sama. Dan pada bulan ini juga Syahr al-Tilawah (bulan membaca Al-qur’an), karena pada bulan ini Jibril AS menemui Nabi SAW untuk melakukan tadarus Al-qur’an bersama Nabi dari awal hingga akhir. Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan bulan ramadhan ini.

Selain dari keutamaan-keutamaan tersebut, manusia diuji dan diasah kesabaran dan keimanannya untuk mempertahankan gelarnya (manusia adalah mahluk yang sempurna) yang sudah dicapkan sebelum dan sesudah manusia lahir kemuka bumi ini. Dengan ini, manusia sudah memiliki kewajiban dan tanggungjawab besar dalam menjalani hidup, terutama keseimbangan dan kemampuan dalam menempatkan diri sebagai manusia yang sempurna dan spesial. Oleh sebab itu, puasa adalah sebuah kewajiban yang harus terealisasikan dan teraplikasikan atas dasar kewajiban dan pengampunan dari Yang Maha Pencipta.


Oleh karena itu, marilah kita sambut puasa ini dengan hati yang bersih dan jiwa yang tenang agar perjalanan kita selama menempuh bulan ramadahan, bulan yang penuh ampunan menjadi lebih baik dan tak sia-sia. Mari kita jadikan bulan ramadhan sebagai bulan untuk kembali kejalan yang lebih baik dan meningkatkan amal sehingga iman kita semakin kuat dan bertambah. Mari kita jadikan bulan ramadhan sebagai bulan untuk bersujud syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan nikmat yang luar biasa kepada kita semua sehingga kita masih menatap dunia yang indah ini, menjadi pemenang dunia dan akhirat. Amin ya rabbal alamanin.


Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate