Sunday, February 10, 2013

0 Alun-Alun Selatan "JOGJA"


Kalau orang jogja, pasti semua tahu tentang alun-alun selatan karena gak mungkin mereka gak tahu. Selain itu anak lombok yang pernah ke jogja pun pasti sudah mengunjungi alun-alun selatan ini. selain tempatnya asik untuk mengisi malam yang suntuk juga ada beberapa hal yang menarik untuk dilakukan, dan ini merupakan kepercayaan bagi orang-orang jogja. Yang pasti jika anda terlambat datang maka siap-siaplah menempuh kepadatan yang akan membuat anda jenuh. Namun setelah itu semua selesai, kejenuhan akan berubah menjadi kebahagiaan buat anda. Dibawah ini adalah sejarah alun-alun selatan yang saya ambil dari http://gudeg.net karena saya sendiri tidak tahu pasti sejarah alun-alun selatan.

Salah satu ciri yang juga menjadi identitas bagi pusat-pusat kota lama di Pulau Jawa adalah adanya alun-alun pada pusat kota tersebut. Alun-alun di Pulau Jawa ini berupa sebuah lapangan luas yang dikelilingi oleh pohon beringin di tengahnya. Salah satunya yaitu Alun-alun yang berada di Kota Yogyakarta. Di masa kerajaan Mataram, Alun-alun Kidul berfungsi untuk menyiapkan suatu kondisi yang menunjang kelancaran hubungan antara keraton dengan dunia luar. Alun-alun Kidul juga melambangkan kesatuan kekuasaan yang sakral antara raja dan para bangsawan yang tinggal di sekitar alun-alun. Sedangkan Alun-alun Lor berfungsi untuk menyediakan persyaratan bagi berlangsungnya kekuasaan raja.

Alun-alun Kidul ini merupakan bagian belakang Keraton Yogyakarta. Menurut sejarahnya, alun-alun Kidul dibuat untuk mengubah suasana bagian belakang keraton menjadi seperti bagian depan karena Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, dan laut Selatan Pulau Jawa jika ditarik dalam satu garis imajiner akan membentuk satu garis lurus. Agar posisi Keraton Yogyakarta tidak seperti membelakangi laut Selatan, maka dibangunlah Alun-alun Selatan. Masih di dalam kompleks Alun-alun Kidul, terdapat bangunan Sasana Hinggil yang pada zaman dahulu menjadi tempat bagi raja untuk menyaksikan adu manusia dengan harimau yang disebut rampog macan, tetapi saat ini berubah fungsi menjadi tempat pertunjukan seni.

Alun-alun Kidul (Selatan) saat ini
Alun-alun Kidul yang biasa disingkat Alkid atau dalam Bahasa Indonesia berarti Alun-alun Selatan, merupakan wilayah bagian selatan dari Kraton Yogyakarta. Saat ini Alkid menjadi sebuah ruang publik bagi masyarakat. Berbagai macam kegiatan dapat dijumpai di Alkid. Menjelang sore hingga malam hari, Alkid menjelma sebuah tempat rekreasi rakyat yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Berbagai penjual makanan dapat dijumpai di Alkid.  Selain itu, pada malam hari kawasan Alkid ini juga menjadi wisata bersepeda. Berjajar sepeda tandem hingga becak yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan hiasan lampu yang mencolok disewakan oleh sejumlah pemilik sewa sepeda. Alkid juga menjadi area olahraga yang diminati oleh masyarakat Yogyakarta.

Pada bagian tengah alun-alun terdapat dua buah pohon beringin yang usianya cukup tua dan keduanya dibatasi oleh pagar benteng yang kokoh. Pohon Beringin ini pun menjadi sebuah obyek permainan yang menarik. Berawal dari kepercayaan masyarakat Yogyakarta tentang orang yang berhasil melewati kedua Pohon Beringin tersebut dengan menutup mata, maka akan dipermudah dalam meraih cita-citanya, maka saat ini banyak wisatawan yang menyempatkan waktu untuk berkunjung mencoba permainan tersebut. Terdapat kandang gajah di Alun-alun Kidul. Gajah yang berada di dalam kandang ini adalah milik Kraton Yogyakarta. Dahulu gajah ini sering dinaiki oleh anak-anak sebagai sarana hiburan. Tetapi saat ini hiburan ini memang sudah berkurang walaupun istilah kandang gajah masih cukup familiar di telinga masyarakat.

Letak Alun-alun Kidul yang berada di wilayah selatan Kraton Yogyakarta memudahkan wisatawan untuk berkunjung. Anda hanya perlu menemukan Kraton Yogyakarta dan mengikuti jalan ke arah selatan, maka anda akan langsung menemukan alun-alun Selatan Yogyakarta. dan sekarang saya yakin bahwa anda sudah mengetahui sejarah alun-alun selatan.

 gambar disamping ini adalah alat transportasi yang akan membuat anda happy dan only smile..hehehe...gak hanya ini saja kawan tapi masih banyak alat-alat transportasi yang akan membuat anda lebih semangat lagi dan betah berada disini. tak ada salahnya kan, jika anda mencobanya sekarang? datang dan nikmatilah....hehehe...


bagaimana kalau gambar yang dibawah ini? apa sih maksudnya tutup mata kayak gitu? saya rasa sobat sudah tahu dari sejarahnya diatas, tapi ulang lagi ya, gak bosenkan sobat membacanya. ini adalah salah tu kepercayaan orang-orang jogja. jika sobat meniatkan untuk pasangan sobat, trus sobat bisa melewati pertengan dua pohon besar disini maka sobat pasti akan jodoh dengan pasangan sobat. jika tidak maka sobat sudah tahu jawabannya..., eits tunggu dulu, kalau bagi saya, ini adalah bagi orang-orang yang yakin akan kepercayaan ini. yang gak yakin jangan menghina karena ini adalah hiburan yang akan membuat sobat klepek...klepek sampai gak bisa pulang..wkwkwkwkkw...



Nah..., kalau gambar yang satu ini, apa namanya ya? so pasti ini juga bagian dari dari hiburan ini sobat, dan ini adalah nyata bukan dibuat-buat karena bapak ini bener-bener buta saat saya melihatnya dari dekat tapi gak tahu apakah hanya sebuah rekayasa. yang pasti dibalik seribu orang yang sedang happy, baik bersama keluarga maupun pasangan tercinta. ada sebuah harapan yang terdapat pada dua insan yang sedang berjalan tanpa melihat ini. dimana mencari sesuap nasi agar bisa bertahan hidup dan menjalankan aktivitasnya sehari-hari. selalu berjalan mengitari alun-alun selatan dan terkadang selalu berhasil melewati pertengan dua pohon besar itu sehingga keduanya selalu bersama-sama dalam mencari rezeki. semoga selalu diberi kemudahan Oleh Allah SWT, Amin.

Nah sekarang apa sobat sudah mengetahui secara detail tentang alun-alun selatan, saya rasa tidak..., kenapa ayok? ya karena sobat belum mengunjunginya sih. informasi tempat wisata memang sangat penting tapi jika tidak pernah mengunjungi tempat tersebut maka tidak akan puas secara 100%. Moga info ini bermanfaat buat sobat..., ma kasih ya dah baca...!!!

Post a Comment

komentar anda sangat berarti bagi kami, terima kasih telah membaca blog Rantauan Lombok Merantau

Simak juga Post Sarjana Muda 45 Minggu ini

Hidup hanyalah sekedar jalan-jalan untuk menikmati kehidupan, hidup hanyalah sekedar hembusan nafas untuk melangkah menikmati jeruji Tuhan, hidup hanyalah gambaran Tuhan akan kehidupan yang lebih abadi. Oleh karena itu…, tak perlu rebut, tak perlu risau, tak perlu bingung, tak perlu galau, tak perlu merasa tertipu, tak perlu merasa bahwa hidup ini tak adil, tak perlu memberontak, tak perlu bangga, tak perlu sombong. Yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap proses yang ada, karena proses akan menentukan bahwa jalan-jalan dibumi yang kita lakukan sukses atau gagal. (Surga ataukah Neraka).

Data Pengunjung

Popular Posts

My Archive RLM

 

Negara Pengunjung RLM


PUTRA NTB MENULIS
SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistic RLM

LOGO

LOGO
PUTRA LOMBOK MENULIS "BATUJAI"

Translate